8 Tips Blog Sukses dan Populer


Blogging adalah salah satu kegiatan yang udah diketahui oleh masyarakat dunia. Biasanya blog digunakan untuk menceritakan pengalaman pribadi, curhat, berbagi informasi, bahkan bisnis.

Biasanya yang menjadi kendala bagi para blogger pemula adalah sepinya blog dari pengunjung. Ini sering membuat blogger newbie menjadi bosan menulis dan gak ngelanjutin blognya. Kalau  gue lihat dari peristiwa ini, pengunjung blog merupakan motivasi bagi blogger untuk menulis di blognya kedepan.

Oleh karena itu, untuk posting kali ini gue mau membahas cara membuat blog sukses dan populer. Sebenarnya mudah kalau anda memang minat dan serius dalam ngeblog. Tips kali ini mengkolaborasikan antara tips gue dengan Internet Marketer Joko Susilo. Berikut tipsnya:
1. Tetapkan Alamat Web (URL) yang konsisten
Dalam membuat blog, alamat web anda harus konsisten. Maksudnya, jangan ganti-ganti. Sekali aja anda mengganti URL blog, berarti anda harus bekerja keras mempopulerkannya kembali. Blog yang sudah mulai akrab dengan search engine, akan hilang begitu saja. Begitupun koneksi yang telah anda bangun selama ini. Karena itu URL sangat penting. Dalam menentukan URL, sebaiknya pilih nama yang mudah diingat.

2. Pilih Topik yang Tepat
Bekerja di bidang yang dicintai membuat kita lebih mudah sukses. Saat membuat blog, hal ini pun harus menjadi bahan pertimbangan. Jangan memaksakan diri di bidang A kalau anda suka bidang B. Bekerja di bidang yang anda sukai pasti membuat anda lebih semangat. Seperti contohnya anda suka dengan fotografi, jadi anda membuat blog dengan hasil fotografi anda atau anda orangnya suka berbagi, anda bisa membuat blog yang memberikan fasilitas untuk mendownload berbagai macam program dll.

3. Tampilkan Posting yang Berkualitas
Gue jamin, gak ada yang bakal menolak barang berkualitas yang gratis. Begitupun dengan blog anda. Jaga kualitas posting blog anda. Dengan begitu, pengunjung akan betah dan akan kembali ke blog anda. Tapi, konten berkualitas bukan harus informasi baku, yang penting MENARIK untuk DIBACA!

4. Promosikan Blog anda
Undang pengunjung sebanyak mungkin untuk datang ke blog anda. Misalnya, dengan aktif menulis di milis (mailing list). Bisa juga dengan aktif berkomentar di blog orang lain yang udah ramai pengunjungnya. Bisa pula dengan memanfaatkan social network yang sesuai dengan target pembaca anda, contohnya Facebook, Twitter, Google Plus, dan banyak cara lainnya. Yang penting, anda jangan pernah berhenti mempromosikannya. Memang mungkin menghabiskan banyak waktu. Tapi hasil yang anda tuai pasti sepadan dengan usaha anda. Atau anda juga bisa mengintegrasikan blog anda dengan social network sehingga saat anda membuat posting baru, posting tersebut akan otomatis terkirim ke social network yang udah anda tentukan.

5. Tingkatkan Keterampilan Blogging anda
Setelah memiliki blog, jangan lupa untuk meningkatkan keterampilan anda dalam mengelola blog. Banyak hal yang bisa dipelajari seperti SEO, HTML, dan lainnya. Dan mungkin tak akan pernah ada habisnya. Tapi yang penting, setelah anda pelajari, langsung praktekkan. Biar pengetahuan anda jadi melekat dan bermanfaat. Dengan semakin menguasai hal teknis, blog anda pasti akan tampil unik dan jauh lebih menarik. Dan dengan ini, anda bisa meningkatkan kemampuan bersaing dalam dunia kerja IT.

6. Evaluasi Blog
Jangan bosan untuk meningkatkan kualitas blog anda. Karena itu, lihat blog ‘tetangga’ dan bandingkan dengan blog anda. Serap hal-hal yang menurut anda baik untuk diterapkan pada blog anda. Dengan selalu melakukan
evakuasievaluasi, blog anda pasti akan lebih baik dari hari ke hari.

7. Jangan menyerah
Sekali anda memutuskan ngeblog, jangan pernah mundur. Meski mungkin anda menemui kenyataan tak seindah harapan. Seperti meski anda sudah jungkir balik promosi, tapi pengunjungnya cuma segitu saja. Atau page rank blog anda masih ada di urutan terbelakang. Sekali lagi, jangan pernah menyerah. Kesulitan itu sesuatu yang wajar. Syukurilah apa yang ada! Tetap lakukan yang terbaik! Dan ingat, anda harus belajar dari kesalahan dan kegagalan. Hadapi kesulitan anda, bukan dihindari!

8. Berani berkorban
Untuk meraih kesuksesan anda harus berkorban lebih dulu. Jika anda telah memilih membuat blog, kelolalah dengan baik. Jangan sia-siakan. Fokuskan perhatian anda pada blog anda.





Artikel Lainnya:

2 comments: