Cara Mengatasi Flashdisk (USB) Tidak Terbaca Komputer


Ini adalah masalah biasa yang sering dijumpai bagi pemilik flashdisk. Sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, kenapa flashdisk tidak bisa terbaca:
1. Flashdisk rusak secara fisik
2. Kemungkinan ada masalah pada driver USB
3. Port USB rusak (Port = tempat nyolok USB)
4. Setinggan bios, Windows bermasalah
Lalu cara mengatasinya gimana? Tergantung dari penyebab di atas. Kalau flashdisk anda ada pada no.1, berarti anda harus memperbaiki flashdisk anda di tempat servis komputer atau bisa membeli yang baru. Tapi kalau flashdisk anda ada pada no.2-4, silahkan simak tips berikut:

a. Cara Manual mengunakan Windows 
1. Colokin flashdisk anda yang tidak terbaca tadi.
2. Buka Start -> Control Panel
3. Ubah tampilan menjadi klassik mode (switch to classic mode).
4. Klik "Add Hardware"
5. Kemudian akan muncul kotak dialog, klik Next
6. Setelah itu ada 2 pilihan "Yes, I have already connected the hardware" dan "No, I have not added the hardware yet". Pilih yang Yes.
7. Sistem selanjutnya akan memeriksa keberadaan hardware baru yang sudah tertancap namun belum terdeteksi. Kalau USB flash disk sudah berhasil dikenali, muncul salah satu hal dari hal-hal berikut ini : Muncul menu autorun, Pernyataan bahwa USB flash disk mendukung koneksi USB yang lebih cepat, Muncul ikon "Removable hardware "pada systen tray dan Muncul drive baru di Windows Explorer atau My Computer.
8.Kalau salah satu hal tersebut terjadi, pendeteksian tidak perlu diteruskan. Klik Cancel pada tampilan berikutnya.


b. Cara Command Prompt
 
1. Colokin flashdisk anda ke komputer.
2. Buka Command Prompt, caranya klik Start -> Run -> ketik cmd
3. Buka lokasi flashdisk anda misalnya di G, ketik di command prompt g:
4. Kemudian anda ketik chkdsk /f, lalu akan muncul tulisan, dan akan ada pilihan (Y/N). ketik Y untuk yes.
5. Setelah itu, akan ada pilihan lagi untuk merestart komputer anda, pilih yes untuk merestart komputer anda. Biarkan proses berlangsung setelah winlogon.
Apabila "cmd" tidak bisa masuk ke dalam drive usb tersebut, hal diatas masih bisa dilakukan dari drive manapun, dengan perintah:
chkdsk (:e/f/g drive usb) [/…]

c. Pengalaman gue 
1. Colokin flashdisk anda
2. Kalau gak mau, coba copot habis itu colokin lagi (ulangi langkah ini 3X)
3. Kalau masih gak mau juga. Saat masih dicolok coba goyangkan flashdisk anda sambil ditekan masuk ke dalam. Supaya komputer mendapat rangsan dari flashdisk.

Sebelum mengunakan cara diatas, sebaiknya anda mencoba mencolokan flashdisk anda ke komputer yang lain. Mungkin di komputer lain flashdisknya bisa terbaca. Kecuali, kalau di semua komputer gak bisa terbaca, silahkan gunakan cara tadi.




Artikel Lainnya:

97 comments:

  1. saya coba dulu ya... semoga fd saya kembali... thanks

    ReplyDelete
  2. di laptop orang len sih bisa tpi knapa d laptop saya gg bisa yaa...
    yyy saya coba dulu deh cranya...
    thxz yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu berarti masalahnya bukan di FDnya, tp di laptopnya gan. Kalo gitu, cb di uninstal FDnya dr laptop agan, trus instal lg

      Delete
    2. kalo pengalaman gue, yang gitu di urus di disk management... Disk FD nya belum di kasih label, jadi gak keluar..

      Delete
    3. Tutorial Blog dan SEO untuk PEMULA 2015
      Kalau di laptop lain bisa dan di laptop kita tidak bisa terbaca artinya ada yang tidak beres di OS-nya ( itu yang saya tahu ). Jika yang dilakukan adalah format flashdisk di laptop kita ( tanpa ada perbaikan OS ) maka Flashdisk tidak akan terbaca di laptop lain atau sebaliknya... Yang harus di install ulang OS-nya.. Mungkin waktu pertama install ada file dari driver USB yang corrupt namun kita tidak menyadarinya..

      Delete
    4. Berdasarkan pengalaman ane, coba cek dulu di device manager dibagian portable device dan coba lakukan proses "cabut colok" kalo k'detect maka flashdisk agan masih bisa ditolong, caranya instal ulang aja device nya. Ada beberapa kemungkinan hal ini terjadi 1. virus yg disable FD anda 2. Port Usb anda bentrok dengan port lainnya 3. kurangnya daya pada port usb anda

      Delete
  3. Kasus nyaa sama kaya reynaldi fd dicolokin ke leptop orang bisa tpi klo di leptop sendiri malah gakk ke baca ...
    Bisa ngasih saran gakk gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu, cb di uninstal FDnya dr laptop agan, trus instal lg. Bisa cari di Google caranya

      Delete
    2. gimana cara uninstalnya gan ?? ane kagak ngerti

      Delete
    3. Device manager cari manufaktur flashdisk agan

      Delete
  4. Gan tolong donk info na....
    Fd na sech msih di d baca namun file dlam na tu ngak dapat di bukq setiap di klik di fd na tu slalu error...
    Mohon bantu gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo itu filenya rusak gan, jd ga bisa diapa2in lg. Kalo ada file back upnya, pake back upnya aja

      Delete
  5. Gan mohan bantuannya.,leptop sy tidak bisa membaca semua plasdisk , hanya plasdis tertentu yang bisa terbaca yaitu plasdis yang sering saya colokin, apa malasalahnya gan , mohon balsannya gan.....

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. laptop saya gak bisa deteksi usb gan .. tiap di colokin FD baru selalu ada tanda ( X ) trus kalau di betulin gak bisa..itu kenapa ya?? tolong bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti itu ada masalah sama bagian hardware fdnya gan. Kalo cara yg di atas itu cmn buat masalah software/driver fdnya aja gan

      Delete
  8. fd saya gag bs gan, saya colokin d laptop mana pun gag bs, kalo di goyang dipegangin, baru bisa terdeteksi, caranya gmn gan? saya cape pegangin terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti ada bagian yang longgar di fdnya. Kalo gamau pegangin terus ya harus diperbaikin fdnya gan

      Delete
  9. fd gua jatoh gan padahal ga tinggi2 bgt pling cuman 20cm jatohnya tp tiba2 ga bsa kebaca knpa tuh gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin aja ada bagian fdnya yg konslet gara2 jatuh

      Delete
  10. Gan mohon ya wajib di balas pertanyaan saya ini,, waktu saya save data ke flashdisk saya bisa kebaca dan berhasil pas saya mau print data tersebut ke komputer lain tapi malah ga kebaca karena ada virusnya itu kenapa yah bisa kaya gitu apa ada masalah di leptop saya atau komputer org lain tersebut mohon pencerahannya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti ada virus di komputer org lainnya. Tp ada baiknya jg untuk selalu menjaga laptop sendiri agar gak kena virus

      Delete
    2. Oh gth, tapi aplikasi yang bagus buat di leptop apa yah soalnya aplikasi anti virus avira sudah lama ga bisa digunakan jadi saya harus mengganti aplikasi tersebut tapi yang bagus gmn gan??
      Oia lalu leptop saya akhir2 ni ga bisa lgsg muncul microsoftnya jadi harus pencet f2 trus gan apa sebaiknya di instal ulang? Klo masalah fd gda mslah cuma takutnya virus trsebut ada di leptop saya..

      Delete
    3. Wah kalo aplikasi anti virus yg bagus sih tergantung kitanya. Yg penting rajin di update anti virusnya. Kalo saya sih pake Microsoft: Security Essential.
      Kalo masalah instal ulang itu terserah agan, yg penting di backup dulu data2 pentingnya. Semoga berhasil yaa

      Delete
  11. Lngsung di coba nic SOb cara memperbaiki flashdisknya...

    ReplyDelete
  12. Saya mau tanya nich gan...
    pc saya ga bisa mendetek fd yang baru, klo fd lama yang sering di colok sich bisa kedetek. knp ya...??
    mohon info & solusinya...
    makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dulu di colok ke pc yg lain, kalo ga bisa brarti emg ada masalah. Kalo masalah software bisa coba solusi di atas, kalo masalah hardware hrus dibawa ke yg ahlinya

      Delete
  13. gan plasdisk saya gk ke detek soalnya sistem di dalam plasdisk saya gk sengaja ke delet gimana cara ngembaliinnya lagi
    saya udah pake cara cmd lalu masuk partisi tempat plashdisk tetep gk detek
    tau solusinya gak gan

    ReplyDelete
  14. di laptop gue aneh plasdisk gue bisa kebaca tapi gue coba beberapa plasdisk lain ga bisa itu kenapa ya..??

    ReplyDelete
  15. Gan flashdisk saya kedetec tpi ukuanya 0 bytes pas mau diformat gak bisa saya coba pake aplikasi trus tulisanya usb not fuond, gimana tuh gan mohon solusinya

    ReplyDelete
  16. kurang jelas gan informasinya...lw bisa disertain gambarnya gan..

    ReplyDelete
  17. bagus bagus cara tradisional yang berhasil,cabut dan masuk sambil digoyang 3X

    ReplyDelete
  18. gan flashdisk gue kebaca di komputer tapi ngga nongol folder2nya itu cara memperbaikinya gimana ya?

    ReplyDelete
  19. flasdisk saya sudah di coba beberapa laptop tidak terbaca dan tidak terdetek, namun lmpu indikator berkedip2. cara dari agan2 diatas sudah juga di coba.
    kebetulan kasusnya bareng dengan modem saya tidak dapat konek, namun setelah install ulang laptop, si modem berjalan lancar. namun si flasdisk ini belum bisa. apakah ada cara lain seperti mengatur registry?

    ReplyDelete
  20. Kok laptop saya ga bisa baca FD baru ya, kl FD yang udah pernah dicolokin mesti kebaca. Itu kenapa ya gan? Tks

    ReplyDelete
  21. Terima kasih sekarang flasdisk saya bisa berfungsi kembali...

    ReplyDelete
  22. bruakakakak...dari sekian trik diatas ternyata yang paling ampuh pake cara agan sendiri,digoyang2 FD langsung work..
    thanks,,,ini sangat konyol

    ReplyDelete
  23. Fd saya udah d coba di perbaiki dg cra apapun dan aplikasi apapun ttap g bisa gan. Coba repair2911 sama hdd low level juga g bisa. Stiap d klik tulisannya please insert a disk into drive E: gimna solusinya gan? Mhon d blas..

    ReplyDelete
  24. mohon bantuannya agan yang berpengalaman...
    jadi gini laptop saya tadinya bisa baca flashdisk, tapi setelah flashdisk saya kena virus, laptop saya gak bisa baca flashdisknya lagi...
    flashdisk orang juga enggak bisa kebaca...
    setiap saya colokin flashdisk ke laptop saya dia nongol kotak "ther no disk, please insert disk" yang kalo di close kotak itu bakal nongol lagi, nongol lagi dan gak bisa dikeluarin.
    kira-kira bagaimana cara penangannnya ya gan? haruskahsaya instal ulang laptop saya?

    mohon bantuannya agan

    ReplyDelete
  25. Admin, sya mau bertanya nih masalah FD.

    FD saya kok klo di windows 8 terbaca tapi dalam bentuk shortcut. tapi shortcutnya ini terbaca sebagai virus oleh Smadav 9.8 dalam bentuk Junk File. Dan jika dikarantina maka tidak akan bisa lagi dibuka filenya yg berada didalam shortcut trsebut. Jadi jalan satu-satunya untuk bisa membuka file dlam shortcut tersebut ialah mencabut dan mencolok ulang lagi, dan alhasil shortcut itu mencul lagi dan tetap terbca sbagai virus tapi harus diabaikan, jangan dihapus. Jika saya ingin mengirim file-pun harus didalam shortcut tersebut, krna jika tidak di dalam shortcut maka akan tak terbaca/hilang sia-sia. Jika saya mencolok tuh FD di windows 7, malah tak terbaca sama sekali.. -_-

    Jadi pertanyaan sya ialah, apa yg harus sya lakukan untuk menormalkan FD saya dari shortcut agar bisa terbaca di windows 7 dan tanpa harus memakai shorcut jika di windows 8 gan.???

    Thanks before ^_^ mohon bantuan dan pecerahannya yah gan.

    ReplyDelete
  26. numpang tanya gan
    laptop saya kok ga bisa ngebaca fd yah, fd udah tak colokin tapy kok ga ada pengaruh sama sekali, mau bunyi ataupun peringatan yang lainnya bahwa ada USB yg masuk, udah tak coba ke lubang USB yang lainnya jga ga ada pengaruh 3"nya ga ada yg bisa..
    trus di taksbar laptopku kok ga ada gambara USBnya yah, padahal kemaren" ada

    mohon bantuannya gan makasiih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  27. terima kasih gan sangat membantu flash disk saya sudah aktif kembali.. hampir 4 tahun flash disk saya ini tidak terbaca dikomputer sy, tpi dkomputr lain bisa terbaca.. akhirnya pulih kembli.

    ReplyDelete
  28. Gan ane mau tanya, flashdisk saya kalo di colokin memang terbaca, cuman sekitar 5-10 detik keluar lgi / eject sendiri, trus masuk otomatis lgi, trus eject lagi dan strusnya, gimana soluinya gan?

    ReplyDelete
  29. kalo ga bisa gini aja gan
    ikuti cara yang ada di web ini http://agungadhyaksa.blogspot.com/2012/04/cara-mengatasi-flashdisk-usb-tidak-terbaca.html

    kalau masih belum coba ikuti langkah2 yg ane gunakan
    *langkah2 yang ane gunakan ini apa bila sudah melakukan colok&eject drive sebanyak 3x, nnt dia akan meminta diformat lalu pilih no,, selanjutnya ikuti langkah2 berikut
    -- > buka cmd
    -- > ketik chkdsk namadrive /f
    -- > contoh : chkdsk g: /f
    -- > + pengertian ( chkdsk ) untuk mengecek drive yang bermasalah
    -- > + pengertian ( g: ) target tujuan drive
    -- > + pengertian ( /f ) fungsional FIX dari chkdsk
    -- > ikuti proses smpai selesai 100%
    -- > *cara ini sama yang diberitahu oleh website ini, tp ini adalah cara langsung tanpa mengakses si drive tersebut,, kebanyakan drive yang rusak tidak bisa di akses oleh cmd,,
    -- > tadaaaaaa!!!! coba buka windows exploler,, nah kelihatan deh file2nya tanpa harus repot untuk format,,, ini adalah tehnik kuno dr pemograman cmd di windows,, n msh banyak lagi..

    salam
    -ardhynoor-

    ReplyDelete
    Replies
    1. "cannot open volume for direct access"
      udah dicoba gan :) gk bisa

      Delete
  30. Salam kenal gan ...
    Ane punya issue FD ane, ane lock pake smadlock barusan, pas selesai mindahin data kedalam smadlocknya ane lupa ga safely dlu pas ejectnya, eh pas mau di colok lagi ga kedetect partisinya gan kek di hidden gtu gan ...

    gimana ya cara perbakinya ?
    ane udah ikutin semua cara yg di atas tapi ttp aja gabisa ...
    mohon bantuannya gan ...

    ReplyDelete
  31. switch to classic mode yang mana?

    ReplyDelete
  32. c. Pengalaman gue
    1. Colokin flashdisk anda
    2. Kalau gak mau, coba copot habis itu colokin lagi (ulangi langkah ini 3X)
    3. Kalau masih gak mau juga. Saat masih dicolok coba goyangkan flashdisk anda sambil ditekan masuk ke dalam. Supaya komputer mendapat rangsan dari flashdisk.

    Berdasarkan pengalaman dari tulisan di atas, timbul pertanyaan, apakah anda sedang berimajinasi kawan saat membuat postingan blog ini?? hehe.. peace

    ReplyDelete
  33. Gan Port USB saya kenapa ya. Kalo di hibungkan dengan HandPhone lewat kabel usb. Cuma bisa Charge doang/gak ke deteck perangkatnya

    ReplyDelete
  34. Thank Gan infonya
    ini yang sedang saya cari-cari, sangat membantu (y)
    http://obatjellygamatgoldg.net/

    ReplyDelete
  35. wah bagus postingannya bro, moga bermanfaat, ni aq mau menanambahi tentang tips mengatasi flashdisk dan memory minta format selamat mencoba.

    ReplyDelete
  36. kalo ada saran, FD apa sih yang bagus dan ga cepet rusak? Website Gratis

    ReplyDelete
  37. thks to informasi sob, semoga bermanfaat dan sukses selalu ;)
    http://myapotekacemaxs.com/obat-herbal-kekebalan-tubuh/

    ReplyDelete
  38. bisa dicoba nih tipsnya. kebanyakan flashdisk sekarang sering error karena kualitasnya kurang bagus.

    ReplyDelete
  39. kalau FD gak kebaca letaknya gimana ?

    ReplyDelete
  40. Ane pnya cpu ane mau beli plasdisk pnya tmn ane test colok ke cpu ane gk kebaca trus ane bilang rusak ke tmn ane , tapi pas di colok kelaptop tmn ane bisa .......anehnya lg ane pnya plsdisk pribadi bisa2 aja dicolok dicpu ane dan di laptop tmn ane ........oh iya pokoknya klo ane gnti mouse,kyboard dan plasdisk pokoknya yg colokannya kayk plasdisk di cpu ane psti slalu gk bisa tapi klo di test di cpu lain pasti bisa...mhon pnjelasannya gan

    ReplyDelete
  41. Jangan bingung teman" saya juga mengalai hal yang sama semua itu terletak pada " Manage " jika sobat paham pasti bisa.... tapi ingat hal ini sering jadi kejahilan tukang service dibilang port USB rusak padahal di HIDDEN Flasdisk tidak terdeteksi itu hal yang normal

    ReplyDelete
  42. Mas bro tolong saya...sy punya masalah pada flasdisk, sebelum nya flasdisk tersebut baik dan banyak file folder nya...sekarang ini setiap kali flasdisk dicolokkan pada komputer saya maupun ke komputer yg lain yang muncul malah nama flasdisk itu sendiri yg didalam nya terdapat isi file folder kita. Sebagai contoh flasdisk 8 GB diberi nama iwan yg mana didalamnya banyak file n folder...terus saya colokan ke komputer saya yg muncul di driver g:iwan terus kita clic muncul g:/(iwan:8GB) yg mana di dalamnya terdapat file n folder ada ....ya model kayak di blok gitu....terus bagai mana cara untuk tidak seperti ini pas kita clik iwan langsung muncul file dan folder kita ....tks....

    ReplyDelete
  43. Mas bro tolong saya...sy punya masalah pada flasdisk, sebelum nya flasdisk tersebut baik dan banyak file folder nya...sekarang ini setiap kali flasdisk dicolokkan pada komputer saya maupun ke komputer yg lain yang muncul malah nama flasdisk itu sendiri yg didalam nya terdapat isi file folder kita. Sebagai contoh flasdisk 8 GB diberi nama iwan yg mana didalamnya banyak file n folder...terus saya colokan ke komputer saya yg muncul di driver g:iwan terus kita clic muncul g:/(iwan:8GB) yg mana di dalamnya terdapat file n folder ada ....ya model kayak di blok gitu....terus bagai mana cara untuk tidak seperti ini pas kita clik iwan langsung muncul file dan folder kita ....tks....

    ReplyDelete
  44. Patut dicoba ni gan.

    bagia gan yang berminat belajar komputer administrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini Kursus Administrasi Bisnis

    ReplyDelete
  45. Kalo ad tulisan USB not recognozed gmn tuh, msih bsa d perbaiki g?

    ReplyDelete
  46. ini nih.. sudah 2x ngalamin yang gitu.. tapi tadi cari" web ini kagak ketemu.. dan akhirnya ketemu.. file gue selamat deh.. Thanks banget Gan..

    ReplyDelete
  47. gan gimana cara mengatasi flashdisk yang di instal denga master rufus trus tidak muncul lagi di komputer hanya muncul tanda di pojok kanan bawah,, flashnya sudah masuk pas buka di komputer tidak terbaca,, mohon infonya,,

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. alhamdulillah bisaaaa ,,, saya coba saran dari pengalaman anda ( Saat masih dicolok coba goyangkan flashdisk anda sambil ditekan masuk ke dalam. Supaya komputer mendapat rangsan dari flashdisk). Ternyata berhasil langsung kebaca semua file-nya. Trims.

    ReplyDelete
  50. Thanks bgt infonya gan. Berguna bgt ini infonya smile emoticon
    mampir juga gan ke sini yah smile emoticon
    http://bagiilmutentangkomputer.blogspot.co.id/
    http://suhaeribaihaqi.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  51. kok tetep gak bisa yaa??
    padahal udah aku coba berkali kali

    ReplyDelete
  52. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat

    Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/
    atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete
  53. >>>>Gan, laptop ane ga mau deteksi semua port usb yg dicolokin. Apa masalahnya ya?

    ReplyDelete
  54. makasih infonya


    Sekarang Isi Voucher Pulsa / Token PLN jadi lebih mudah dilakukan via ONLINE. Bisa kapan dan dimana saja , tinggal klik - bayar - sukses. Gak Percaya ? , coba sekarang juga di www.serbabayar.com Beli Online Itu Mudah.

    ReplyDelete
  55. gan, ane abis instal windows sebelum mengistal driver pack flash disk ane masih terbaca tp setalh menginstal driver pack malah flash disk tidak terbaca, mohon pencerahanya gan

    ReplyDelete
  56. Pas di device management kok nggak kebaca fd saya, gimana tu gan?

    ReplyDelete
  57. gan mau nanya kenapa pada saat ane colok fd ke komputer, kebaca tp ada tulisan fd not formatted pas aneh format gak mau, gak ada pergerakan apa2.. help dong

    ReplyDelete
  58. Gan, hape gw ga kebaca sama komputer nih uda gw coba pake kabel lain trus port usb nya uda tes 1 1 ga bsa connect semua ada saran nya gak? Mekasi

    ReplyDelete
  59. help me please gan. flsdsknya hny detek di device manager pd Universal Serial Bus controllers dgn tanda seru dan pada device dan printer sbg DT 101 G2 dgn tanda seru, ktk di format dengan cmd error IOCTL.. gmn tuh gan

    ReplyDelete
  60. Tolong dong, fd saya gak mau dimasukkin data apapun,terus mau diformat juga gak bisa.tulisannya di protect begitu, tapi gak tau apa yang melindunginya???

    ReplyDelete
  61. coba download aplikasi buat perbaiki flashdisk disini
    http://simeut07.blogspot.co.id/2016/10/cara-memperbaiki-flashdisk-write.html
    semoga membantu :)

    ReplyDelete
  62. Gmna klo flashdisknya d colokin lampunya kaga ngedip, trus flashdisknya terbaca... tpi searching doank...

    ReplyDelete
  63. Gmna klo flashdisknya d colokin lampunya kaga ngedip, trus flashdisknya terbaca... tpi searching doank...

    ReplyDelete
  64. Sebenernya bukan karena Flash disknya yang rusak.Menurut pengalaman ane nihh ya itu karena syestem unit(cpu)anda yang tidak dapat membaca flashdisk anda,hal itu disebab kan karena usb connector anda pada cpu terhalang oleh debu atau benda benda kecil yang menutupi jalanya usb.CARA TEPAT UNTUK MENGATASI NYA BISA DENGAN MEMBERSIHKAN CPU PADA KOMPUTER ANDA.JIKA MASIH TIDAK BISA ANDA DAPAT MELAKUKAN HAL INI SEPERTI PENGALAMAN SAYA 89% WORK KETIKA ANDA COBA MEMASUKAN USB KEDALAM CPU ADA ICON DI LAYAR POJOK BAWAH,KLIK,KEMUDIAN TEKAN TOMBOL TROUBLESHOOT PILIH SALAH SATU ICON YANG BERHUBUNGAN DENGAN USB KEMUDAIN KLIK ICON YANG BERHUBUNGAN TERSEBUT.ADA TULISAN UNINSTALL DRIVER KLIK PRINTAH TERSEBUT TUNGGU HINGGA ADA TANDA PANAH HIJAU DI POJOK KANAN LAYAR BAWAH.JIKA MASIH BELUM MEMBACA COBA DI GOYANG USB ANDA TAPI JANGAN DI LEPAS, HINGGA TERDENGAR SUARA DAN MUNCULNYA IKON PANAH HIJAU.PANAH HIJAU :) SEMOGA BERHASIL DAN BERMANFAAT 98%PENGALAMAN

    ReplyDelete
  65. Gan tolong di blas,,, saya mw nax nih gan knapa y di laptop saya sering muncul window tp windowx itu g sempurna sperti cm skilas aja trus ilang lagi n itu sering skali...
    trus itu hari saya jg g sengaja salah pencet uninstal MS WORLDx tp saya mw download ulang tp udah g bisa download cm hbisin kuota aja download2 tp g sampe slesai,,,
    Gimana solusix g yg baik

    ReplyDelete
  66. Gan klo fd sama mouse saya gk kebaca trus klo masuk windows srkg kluar windows recovery error itu knp? mohon pencerahannya

    ReplyDelete