Dampak Positif dan Negatif Minuman Keras


Minuman keras? Udah pasti tau semua, maupun anak-anak atau dewasa pasti udah pernah dengar. Minuman keras yang kita tau sebagian besar adalah minuman yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, namun bagi yang udah pernah mencoba minuman tersebut sampai mabuk pasti berpendapat berbalik 180 derajat.

Beberapa waktu lalu, gue sempat diajak minum bir dan arak sama teman-teman sekolah gue (anak-anak  sekolah zaman sekarang udah 'gaul'). Karena gue masih termasuk anak yang ababil, tentu aja gue ingin  nyoba minuman keras tersebut, walaupun sedikit aja.

Setelah minum gue sempat berpikir apa dampaknya minum minuman keras. Jadinya gue search di internet tentang minuman keras, dan ternyata ada beberapa dampak positif dan negatif dari minuman keras bagi tubuh. Silahkan disimak info berikut:

Dampak positif
Minuman keras dapat memberikan manfaat jika diminum dalam dosis yang sesuai dan tidak berlebihan.
1. Wine
Dengan dosis segelas anggur per hari, Bagi para wanita, wine dapat menaikkan tingkat estrogen, yang memperlambat kerusakan tulang serta mengurangi resiko mati muda hingga 33%. Sedangkan bagi para pria, wine mampu mengurangi resiko terjadinya kanker prostat. Bagi tubuh kita, wine mampu menghadang penyakit terhadap tubuh kita, smeisal stroke, batu ginjal, jantung korener, diabetes dan kanker saluran pencernaan bagian atas. Wine juga dapat mencegah kolesterol, karena bisa membakar kalori yang dapat membentuk lemak

2. Beer
Bir umumnya dibuat dari gandum yang difermentasikan dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Sedangkan bir beralkohol rendah dapat digunakan sebagai anti kanker bila diminum secara teratur. Satu setengah gelas bir per hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi resiko diabetes dan batu ginjal. Selain itu protein di dalam bir mampu melindungi otak atau ancaman Alzheimer dan serangan kanker payudara pada wanita.

3. Vodka
Manfaat yang dimiliki vodka sebagian dapat mempercantik kulit wajah maupun kepala. Untuk mengecilkan pori-pori dapat membubuhkan vodka pada kapas dan cukup ditepuk-tepuk ke wajah. Sedangkan bagi anda yang berketombe dapat mencampur beberapa sloki vodka pada botol shampoo anda. Dan yang terakhir adalah untuk menghaluskan kaki dan tangan anda sebelum pedicure dan menicure, cukup campurkan vodka ke dalam air hangat dan rendam kaki anda.

4. Arak/Tuak
Minuman keras ini memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi. Tuak berkhasiat menyehatkan badan karena mengandung efek menghangatkan tubuh.


Dampak Negatif
Efek negatif minuman keras apabila digunakan berlebihan.
1. Gangguan Mental Organik (GMO)
Gangguan ini akan mengakibatkan perubahan perilaku, seperti bertindak kasar, gampang marah sehingga memiliki masalah dalam lingkungan sekitar. Perubahan fisiologi seperti mata juling, muka merah dan jalan sempoyongan. Perubahan psikologi seperti susah konsentrasi, sering ngelantur dan gampang tersinggung.

2. Merusak Daya Ingat
Kecanduan minuman keras dapat nghambat perkembangan memori dan sel-sel otak.

3. Oedema Otak
Pembengkakan dan terbendunganya darah di jaringan otak. Sehingga mengakibatkan gangguan koordinasi dalam otak secara normal.

4. Sirosis Hati
Peradangan sel hati secara luas dan kematian sel dalam hati akibat terlalu banyak minum minuman keras.

5. Gangguan Jantung
Terlalu banyak minum minuman keras dapat membuat kerja jantung tidak berfungsi dengan baik.

6. Gastrinitis
Radang atau luka pada lambung. Ini biasanya diakibatkan gara2 muntah akibat mninuman keras, karena lambung harus memompa secara paksa keluar zat-zat adiktif yang beracun dalam tubuh.

7. Paranoid
Karena kecanduan, kadang2 peminum sering seperti merasa kepala dipukuli atau tidak tenang. Sehingga perilakunya menjadi lebih kasar terhadap orang di sekelilingnya.

8. Keracunan/Mabuk
Terlalu banyak minum minuman keras dapat menghilangkan kesadaran dirinya alias udah naik atau ngefly. Biasanya ini yang dibilang "enak" dari minuman keras. Kok bisa ya? Padahal udah jelas-jelas keracunan.
Info tambahan, gue juga sempat nemu syarat-syarat minum minuman keras
1. Meminum sesuai dosis yang ditentukan
2. Sudah cukup umur (21 tahun) 
3. Belilah minuman keras yang sudah berlabel departemen kesehatan, jangan yang oplosan

Bagi para remaja dan generasi penerus bangsa sebaiknya jangan minum minuman keras. Walaupun minuman keras ada manfaatnya, tapi lebih baik dihindari aja. Juga masih banyak makanan dan minuman lain yang lebih sehat dari minuman keras.




Artikel Lainnya:

87 comments:

  1. ini artikel yang saya cari... terima kasih banyak atas informasinya ya, semoga penulis makin diberkahi dan saya tunggu tulisan-tulisan lainnya

    terima kasih

    ReplyDelete
  2. thanks gan info nya


    http://blogacmurah.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Menyesatkan. Sedikit banyaknya sesuatu yang haram ya tetep haram. Ente kudu bnyak belajar sebelum mempengaruhi orang bnyak. Syukron

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa emg ane mesti perlu byk belajar, tp ane cmn memberi informasi mengenai dampak2 dr minuman keras, dan seperti di akhir kata posting ane, ane gada nyaranin buat minum alkohol, malah ane lbh menyarankan untuk tidak minum alkohol

      Delete
    2. Daripada hidup d habiskan memberikan komentar negatif alangkah baiknya menerima semua informasi dan memilah antara baik dan buruknya..di banding harus menilai tulisan orang secara langsung menyesatkan..tidak pernah ada orang yang salah dalam memberikan informasi..hanya ada orang yang salah menggunakan informasi..

      Delete
    3. Sblm komentar baca baik" om...

      Nih kata" yg d atas

      "Walaupun minuman keras ada manfaatnya, tapi lebih baik dihindari aja."

      Delete
    4. Berbagi itu indah gan tingal kitanya aja yang saring informasi yang di bagikan orang lain mana yang baik dan mana yang buruk

      Delete
    5. otak lu beresin, yang punya blog gak ada nyuruh ato nyaranin orang buat minum. liat kalimat paling bawah dari artikel.

      Delete
    6. stupid guy couldn't read this statements

      Delete
  4. Mungkin untuk yang mengkonsumsi minuman beralkohol akan setuju dengan manfaatnya. Dan mengesampingkan dampak negatifnya. Padahal positif dan negatifnya sudah jelas terlihat, lebih banyak negatifnya..

    Maaf gan, itu pendapat saya.
    But, by the way. Tulisan anda cukup informatif sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasii gan buat komentarnya :D

      Delete
    2. Ternyata ada manfaatny ya., klo gitu ane mau mavok aj dehh kali2 :v

      Delete
  5. thanks infonya, cukup membantu buat tugas sekolah

    ReplyDelete
  6. Thx bgt informasiny sangat membantu. Lumayanlah menambah ilmu pengetahuan. Jangan seperti irvan brebes belajar agama separuh2 baca sedikit ud main judge orang menyesatkan. Fitnah kan dosa ya.

    Sekali lg thx infonya

    ReplyDelete
  7. itu berdasarkan apa hasil analisa nya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan rangkuman artikel yang saya baca dr browsing di Google

      Delete
  8. halal/haram itu urusn kita pribadi yg menanggungnya. dan efek negatif dari minuman yg ber alkohol mungkin cuma peminum, keluarga. jg sedikit lingkungan.
    Hal macam ini bnyak di cela masyarakat. tapi coba pikir oleh anda, apa efek samping yg dilakukan para koruptor, dan siapa saja yg mreka rugikan..??? bukan cuma keluarga, tapi seluruh negri ini. tapi apa hukumnya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa setuju, halal/haram itu kita yg memilih, disini jg saya hanya berbagi informasi saja agar dpt memperluas ilmu mengenai hal tersebut.
      Kalo masalah korupsi itu sbenarnya susah untuk diatasi, karena hal tersebut melibatkan org yg berwenang, sedangkan kita hanya rakyat biasa :(

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. dosanya lebih besar daripada manfaatnya
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul, tp dosanya ditanggung sendiri2

      Delete
  11. tulisan bermanfaat tp saya gak mau uji cobanya gan....

    ReplyDelete
  12. makasih yah gan atas artikel nya bermanfaat untuk persentasi di sekolah ku makasih yah gan

    ReplyDelete
  13. wahh, Terimakasih infonyaa gan :3 Alhamdullillah sampe saat ini gw belom pernah nyoba itu minuman :D jangankan nyoba, nyentuh botolnya ajaa kaga pernah :D

    ReplyDelete
  14. alkohol bagus jika ga terllu bnyak
    buat ngangetin tubuh dn kerja semngtt..
    klo soal dosa ituh tergantung seberpa bnyank. minum alkhol nya. makan trllu bnyak juga dosa ibrat kta

    ReplyDelete
  15. alkohol bagus jika ga terllu bnyak
    buat ngangetin tubuh dn kerja semngtt..
    klo soal dosa ituh tergantung seberpa bnyank. minum alkhol nya. makan trllu bnyak juga dosa ibrat kta

    ReplyDelete
  16. thanks infonya gan, namun bagusnya dikasih detail referensinya biar jelas kebenarannya.

    ReplyDelete
  17. Ini dpandang dri segi ilmiah,terlepas dari halal dan haram..tolong jgn kolot dan kampungan gitu dong komentnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajib ... saya suka komentarnya . hahaha

      Delete
  18. pkok seneng silakan minum, gak seneng ya diam aja, hehehe kok repot

    ReplyDelete
  19. jujur saja, hingga saat ini saya masih mengkonsumsi alkohol (alkoholic)
    tapi, saya mengaturnya untuk menjaga kesehatan tubuh...
    dan terimakasih pada Ts infonya sangat bermanfaat.

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. efeknya gimana gan? trus indikator kalau kita udah berlebihan itu, gimana ya?

      Delete
  20. wokkeh,gan. makasih bisa ane catet untuk tugas sekolah metode ilmiah :D :v

    ReplyDelete
  21. Cantumin sumber doong gan ...

    ReplyDelete
  22. Mantep ni artikel,, sambil minum tuak sambil komen,, gini agan agan semua ,, yang suka konsumsi ga usah terlalu sensi yang ga perna konsumsu juga yantei ok agan agan semua,, artikelnya bagus bermanfaat,,

    ReplyDelete
  23. Minum kalau dikit its ok bagus buat kesehatan, tapi kalau bisa jangan mabuk, nyantee aja.,,,orang arab aja banyak yg hobby minum

    ReplyDelete
  24. Minum kalau dikit its ok bagus buat kesehatan, tapi kalau bisa jangan mabuk, nyantee aja.,,,orang arab aja banyak yg hobby minum

    ReplyDelete
  25. Minum kalau dikit its ok bagus buat kesehatan, tapi kalau bisa jangan mabuk, nyantee aja.,,,orang arab aja banyak yg hobby minum

    ReplyDelete
  26. Minum kalau dikit its ok bagus buat kesehatan, tapi kalau bisa jangan mabuk, nyantee aja.,,,orang arab aja banyak yg hobby minum

    ReplyDelete
  27. Minum kalau dikit its ok bagus buat kesehatan, tapi kalau bisa jangan mabuk, nyantee aja.,,,orang arab aja banyak yg hobby minum

    ReplyDelete
  28. Jangan lah semua yang namanya minuman ber alkohol tidak baik bagi tubuh,Masih banyak selain yang beralkohol untuk kesehatan tubuh,Asalkan halal

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. alkohol bikin hati tenang, bagi yang ngejudge sesat, jangan terlalu fanatik dah, urus saja diri sendiri, belum tentu diri loe udah bener 100% ..

    ReplyDelete
  31. alkohol bikin hati tenang, bagi yang ngejudge sesat, jangan terlalu fanatik dah, urus saja diri sendiri, belum tentu diri loe udah bener 100% ..

    ReplyDelete
  32. Yang bilang menyesatkan itu bisa jadi orangnya munafik.
    Kali aja ngomong doank, tapi siapa tau di balik kata "menyesatkan" itu mungkin aja dia pernah nyoba...
    Mikir dulu kalo mau comment...

    ReplyDelete
  33. berapa gelas / cc yg disebut berlebihan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap orang bisa beda bro. tergantung usia, gender, gen, makanan senelum mengkonsumsi minuman beralkohol, sama obat yang lagi rutin di minum

      Delete
  34. Yg penting happy
    Urusan di belakang

    ReplyDelete
  35. Enakan minum susu dari pada mimum2an kayak gitu.. terima kasih infonya, sangat bermanfaat. Semoga dapat menyadarkan individu lainnya..

    ReplyDelete
  36. Enakan minum susu dari pada mimum2an kayak gitu.. terima kasih infonya, sangat bermanfaat. Semoga dapat menyadarkan individu lainnya..

    ReplyDelete
  37. Bingung. Kok alkohol dosa, rokok ga dosa.. :|
    Perasaan alkohol mah minuman, dan beberapa tradisional. Asal motivasinya bukan krn pngn mabok (depresi) mah ga masalah. Malah rokok lebih bahaya.

    Real thanks utk info. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal kalo bicara racun, rokok jauh lebih beracun dan mematikan dari pada alkohol, heu

      Delete
  38. Minum itu buat ngilangin stres
    Kalo mabok urusanya belakangan

    ReplyDelete
  39. Minum itu buat ngilangin stres
    Kalo mabok urusanya belakangan

    ReplyDelete
  40. David Nutt, seorang professor neuropsychopharmacology di Imperial College London, dan ketua the Independent Scientific Committee on Drugs mengatakan bahwa anggapan orang tentang terdapatnya dosis aman dalam meminum miras adalah mitos belaka. Walaupun diminum sedikit atau dengan kandungan alkohol yg sedikit, resikonya tetap tinggi bagi kesehatan. Simak alasan2nya di halaman ini:
    https://www.theguardian.com/science/2011/mar/07/safe-level-alcohol-consumption

    ReplyDelete
  41. dari yang pernah saya baca, alkohol sebenarnya tidak diharamkan dalam Islam, yang diharamkan adalah segala sesuatu yang memabukkan. contohnya saja tape, mengandung alkohol sekitar 5% (kalau tidak salah), namun tidak memabukkan maka itu boleh dikonsumsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. same apply to durian , peuyeum, lahang. heu

      Delete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. hahaha...
    kalau mau nyambungin dosa, halal dan haram. mungkin org yang tinggal di daerah yang suhunya sangat dingin bakalan tiap hari berdosa krn mereka sangat sering menghangatkan tubuh mreka dgn minuman beralkohol. hidup ini punya batasan. jgn terlalu gampang mengharamkan sesuatu dan mendosakan sesuatu.

    ReplyDelete
  44. yang selalu mengharamkan sesuatu, coba anda ke rumah sakit2 besar yang selalu menangani operasi besar dan di situ anda menyuarakan dengan kencang kalau rumah sakit ini haram karena mereka menyuntikkan MORPHINE (narkotik) kepada pasien sebelum dan sesudah melakukan operasi besar. di jamin anda akan langsung berada di dalam unit gawat darurat.

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. Asal jangan berlebihan sampai mabuk lah.
    :v

    ReplyDelete
  47. Untuk positifnya, rasanya enak buat kebersamaan .
    Negatifnya, dosa ��

    ReplyDelete
  48. Kalau udah ada dampak negatif dibalik manfaat lebih baik dihindari.. Tdk hanya bir tp semua hal..

    ReplyDelete
  49. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  50. setelah minum anggur merah apa yang gaboleh pantangan apa yang gaboleh di makan gan ?
    soalnya ane bukan peminum aktif cuma kalo lagi iseng aja dan dulu ane pernah makan daging kambing setelah minum malah hampir mati padahal biasanya ga gitu

    ReplyDelete
  51. Kalo souchu (+.-)apa gan ane belon tau...

    ReplyDelete