Tips Cara Burn-in Headphone/Headset


Sebelum gue mulai membahas posting ini, gue mau nanya sama anda semua, Apa itu “Burn-in”? Bagi para pengguna headphone dan headset pasti dan harus tau apa itu yang namanya Burn-in. Burn-in biasanya dilakukan saat pertama kali membeli headphone atau headset. Kalau menurut gue Burn-in merupakan sebuah proses pembakaran headphone menjadi abu penyesuaian diagfram headphone setelah baru dibeli. Biasanya dengan melakukan Burn-in ini, kualitas suara headphone akan menjadi lebih bagus dari sebelumnya.

Menurut para ahli dalam konteks earphone, “Burn-in” adalah istilah yang digunakan untuk penyesuaian terhadap diaphragm dari earphone, agar sesuai dengan rancangan aslinya. Secara fisik, proses burn-in ini akan mengendurkan diaphragm sampai akhirnya mencapai "keadaan akhir" yang diharapkan. Dan pada itulah kualitas suara akan menjadi lebih bagus.


Mirip seperti saat kita memanaskan motor/mobil sebelum pergi, supaya mesinnya jadi enak/halus. Atau saat kita melekuk-lekukkan sepatu/sendal yang baru kita beli supaya elastis dan nyaman dipakai. Ada beberapa FAQ tentang Burn-in headphone yang gue temukan dari beberapa website dan forum:
Mengapa orang-orang memilih utk mem”Burn-in” earphone-nya setelah baru beli?
Headphone yang masih baru dari kemasan, biasanya suaranya tidak seenak/senyaman earphone yang sudah sering dipakai sesuai rancangan designer di pabriknya. Seringkali, orang-orang ingin agar earphone nya bersuara seperti yang diharapkan secepat mungkin. Mereka tidak mau menunggu selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah pemakaian reguler, sehingga memilih untuk mem-burn-in earphone nya agar bersuara lebih enak dalam satu minggu pertama setelah pembelian.

Bagaimana cara memBurn-in Earphone baru?
Secara sederhana, proses burn-in dilakukan dengan menyalakan musik melalui earphone terus menerus. Sebagian orang lebih suka menggunakan “Pure tone”, “Sine Wave Sweeps”, “Pink Noise”, atau “AM/FM Static”. Sebagian lain merekomendasikan untuk menggunakan music yang suara bass nya berat. Yang pasti, semua metode-metode di atas tidak bergantung terhadap model maupun manufaktur pabriknya.

Metode mana yang paling efesien?

Tidak ada bukti ilmiah yang dapat menunjukkan metode yang satu lebih baik dari metode yang lainnya. Silahkan pilih metode manapun yang anda sukai dan mudah untuk anda.

Terus selama proses pembakaran (burn-in), Earphonenya diapain?
Anda boloeh meletakkannya di meja, di dalam laci, dibawah bantal, atau sambil mendengarkannya. Semua terserah anda.

Apakah Earphone harus diBurn-in dulu sebelum boleh didengarkan?
Tidak. Anda boleh langsung menggunakan earphone anda, persis setelah pembelian. Di burn-in dulu atau tidak adalah pilihan. Selama penggunaan, mungkin anda akan merasakan perubahan sedikit demi sedikit pada earphone anda. Sebagian orang memilih untuk melakukan burn-in dan mendengar earphone nya secara periodik untuk lebih merasakan perubahannya, sedang sebagian yang lain memilih untuk tidak mendengarkan sama sekali sampai proses pembakaran selesai.

Memang seberapa besar sih pengaruh Burn-in terhadap Earphone?
Sebagian orang bilang, efeknya sangat besar dan drastis! Sebgaian lagi bilang, efeknya sedikit, atau bahkan tidak ada efeknya sama sekali. Biasanya besarnya pengaruh burn-in ini sangat bergantung terhadap model Earphone itu sendiri. Kalau earphone nya bagus, hasilnya bisa amat sangat nyaman buat di telinga anda.

Berapa lama proses Burn-in harus dilakukan?
Banyak orang merekomendasikan selama kurang lebih 100 jam (4 Hari) untuk kebanyakan earphone. Sebagian merekomendasikan hingga 200 jam (Seminggu) atau bahkan lebih. Setiap earphone membutuhkan waktu yang berbeda satu sama lain untuk mencapai tahap “selesai”, tidak ada ketentuan yang pasti soal jumlah waktu yang tepat untuk burn-in. Cara yang terbaik adalah dengan menggunakan kenyamanan telinga anda untuk menentukan kapan proses burn-in telah selesai.

Jadi kapan sebenarnya proses Burn-in itu selesai? Mungkin nggak terjadi “over” burn-in?
Ide utama melakukan burn-in adalah untuk mencapai sebuah kondisi dimana perubahan suara pada earphone tidak terjadi lagi. Dan anda akan mendapatkan hasil suara yang pas, yang tepat sesuai kemampuan earphone tersebut. Pada keadaan itu, penggunaan earphone secara reguler tidak akan menyebabkan perubahan suara yang signifikan selama bertahun-tahun nantinya. Sampai mungkin earphone anda telah mencapai batas usianya.

Namun, sebagian orang berpendapat bahwa proses burn-in tidak akan selesai. Argumen mereka bahwa penggunaar reguler dalam jangka waktu yang lama tetap akan membuat diafragma earphone terus mengendur dan mempengaruhi suaranya. Yang pasti, masih cukup aman untuk mengatakan bahwa saat diafragma earphone mencapai kondisi yang sesuai rancangan aslinya setelah di burn-in, penggunaan reguler tidak akan menghasilkan perubahan suara yang signifikan untuk didengar pada earphone.

Apakah bisa terjadi kesalahan dalam memBurn-in?
Earphone anda akan beresiko untuk rusak setiap saat jika anda menyetel volume yang sangat keras saat memBurn-in. Sebagian orang merekomendasikan untuk menyetel volume sesuai tingkat yang nyaman untuk di dengar secara normal. Sebagian yang lain menyarankan agar disetel sedikit diatas normal. Jika anda mendengar distorsi suara, atau suara “kresek2″ saat volume keras, berarti telah terjadi kerusakan pada earphone anda. Namun perlu diingat juga bahwa menggunakan volume yang terlalu kecil/pelan saat burn-in juga tidak akan efektif. Jadi pastikan anda menyetel volume yang normal & nyaman untuk didengar, atau sedikit saja diatasnya.

Jadi sebenarnya Burn-in itu beneran nggak sih?
Sebenernya sih ide tentang proses Burn-in ini selalu menjadi hal yang kontroversial. Sebagian orang berpendapat bahwa banyak bukti-bukti yang dapat menunjukkan keberhasilan dari Burn-in, dan sebagian lain berpendapat bahwa banyak juga bukti-bukti yang menunjukkan Burn-in tidak berpengaruh apa-apa.

Sebagian orang mengatakan bahwa fenomena ini cuma persepsi psikologis saja, sedang yang lain mengatakan bahwa memang terjadi perubahan fisik pada earphone. Namun yang pasti sebagian besar orang tetap percaya bahwa keduanya benar. Jadi memang ada kombinasi antara keadaan fisik pada earphone & psikologis pada diri pendengarnya yang membuat mereka merasakan perubahan suara pada earphone. Anda boleh percaya maupun skeptis terhadap hal ini, silahkan tentukan sendiri untuk diri anda.

Ada hal lain yang perlu saya ketahui?

Subjek tentang Burn-in ini sebenarnya tidak terlalu kompleks dan membingungkan, dan juga bukan merupakan hal yang benar2 harus diperhatikan ataupun merupakan ilmu pasti. Pendapat, metode, dan hasilnya sangat bervariasi untuk setiap orang, setiap model earphone, dan setiap sistem. Jadi anda tetap harus cobain dan eksperimen sendiri!

Nah itu tadi FAQ mengenai Burn-in headphone/headset/earphone. Habis baca FAQ di atas gue tau pasti anda bingung, lebih baik ngeBurn-in atau gak? Kalau ya gimana caranya? Kalau gue merekomendasikan anda untuk memBurn-in headphone anda. Karena gue udah pernah nyoba dan terbukti kualitas suaranya menjadi lebih bagus.

Anda gak perlu memBurn-in headphone selama 100-200 jam, cukup 18-24 jam aja. Nah ini dia langkah-langkah cara memBurn-in headphone/earphone yang alami tanpa pakai “Pure tone”, “Sine Wave Sweeps”, “Pink Noise”, atau “AM/FM Static” dll:
1. Siapkan HP/Ipod/Laptop/MP3 Player yang berisi lagu
2. Siapkan headphone/earphone anda dan colokan ke HP/Ipod/Laptop/MP3.
3. Nyalakan lagu dari HP/Ipod/Laptop/MP3 anda.
4. Volume suara disesuaikan dengan kenyamanan anda mendengar lagu.
5. Diamkan headphone/earphone anda selama 18-24 jam non stop.
6. Charge HP/Ipod/Laptop/MP3 player agar gak mati saat sedang proses Burn-in headphone/earphone anda (tapi hati-hati agar baterai gadget anda gak drop/bocor).

Sesudah selesai Burn-in coba anda pakai dengarin lagu, suaranya pasti lebih luwes dan gak kaku. Pokoknya mantap! Tapi kualitas suara juga tergantung dari kualitas headphone anda dan dan kualitas lagu anda (Lagu kompresan atau lagu gak kompresan). Nanti dengan seiringnya waktu, semakin sering anda mengunakan headphone/headset anda untuk mendengarkan lagu, maka headphone/headset akan mencapai pada kualitas maksimalnya.




Artikel Lainnya:

74 comments:

  1. 5. Diamkan headphone/earphone anda selama 18-24 jam non stop.

    Saya agak kurang setuju untuk point 5. Dari yang saya baca di tempat lain, lebih di sarankan menyalakan 5 jam dalam 1 hari. Jadi tiap hari menyalakan 5 jam sampai total 24 jam (berarti 5 hari). Daripada menyalakan langsung dalam 1 hari full. Thx. Semoga berkenan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa gan itu bisa juga, cuman tips yg ane kasi buat yg pengen cepat dapat hasil burn-in nya. Tapi cara agan itu bagus juga, burn-in nya bisa dicicil seperti itu. Makasi gan atas komentarnya

      Delete
    2. benar, tetapi semua tergantung kelas earphone atau headphone yang digunakan, tapi tidak selalu jika dibuat nonstop bisa membuat kerusakan di earphone atau headphone itu sendiri

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. saya mau nge burn in, tp tak ada yang di burnin....akhirnya ya mburning sawit ae......

    ReplyDelete
  5. kalau soal volume itu gimana gan tersera pengguna gitu kah misalnya saya mau fullkan volum nya,,itu jadi masalah atw enggk gan, lebih baik gimana gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah volume, di setting ke volume yg agan nyaman buat dengar. Kalau terlalu keras, kasian juga sama headsetnya, nanti hasil burn in nya ga bakal bagus, karena trlalu dipaksa dgn suara yg keras

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Sangat membantu! Thx gan postingan nya

    ReplyDelete
  8. Klo speaker gede bisa di burn gak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. speaker besar pakai amplifier lebih baik

      Delete
  9. ane sudah coba burn-in headset, setelah agak lama saya pakai memang suara berubah siknifikan, cuma terdengeran suara seperti " nit nit nit nit nit " yang cukup mengganggu (seperti suara tikus XD ), apakah itu kerusakan pada headset? dan bagaimana menghilangkan suara tersebut?

    nb. suara muncul waktu sedang tidak melakukan apa" seperti menyetel lagu, bermain game, dll. dan suara menghilang setelah restart komputer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu headsetnya besar atau kecil gan? Kalo ane sih blum pernah mengalami suara seperti itu, tp kalo menurut ane, suaranya itu muncul karena headsetnya agan ada di dekat HP agan.

      Jd biasanya kalo ada headset/speaker dan di deketnya ada HP, sedangkan HP itu sedang aktif (menerima telpon/SMS, internet aktif), biasanya gelombang sinyal HP itu bisa ditangkap sama headset/speaker itu dgn bunyi nit nit nit nit itu.

      Tp dicoba aja lg di search di Google gan, untuk lebih pastinya

      Delete
    2. jika terjadi pada pc, apa soundcard tidak ada masalah?
      jika dilihat dari cerita bisa jadi port yg bermasalah

      Delete
  10. Mantap gung, pas aku nyari info burn in blogmu ada di urutan paling atas, mantap euyyyy thanks infonya gung hahahaha

    ReplyDelete
  11. Mantap review tentang Burn In nya, ane ada pertanyaan sedikit tentang Earphone yang baru di beli tetapi belum di burn in. Gmn kita mastiin bahwa proses Burn in nya sudah maximal? Secara kan kita ngetesnya ga make alat digital atau software khusus.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sundul pertanyaan ini bos...
      smoga cpet d jawab

      Delete
    2. Kalo itu tergantung dari selera aja sih gan, jd kalo ane rasa headphone/headsetnya udah enak didenger, gak ane burn-in lg jadinya

      Delete
    3. burn in selesai ketika earphone yang di burn in sudah dirasa ada perubahan dari sebelum di burn in, usahakan menggunakan file yang HQ dan device yang memiliki output yang bagus pula

      Delete
  12. Buat temen temen yang mendambakan memiliki bluetooth headset yang bisa dipakai dengerin musik, saya rekomendasikan headset samsung HM3500, selain murah juga full features (bisa music). Bisa dibeli di sini : http://tokomaksi.com/handphone_tablet/bluetooth

    ReplyDelete
  13. Artikel yang sangat bagus dan berguna untuk saya.
    Mampir juga ke web saya yuk ada earphone beats dr dre
    http://www.jsolshop.com/products/10/0/Earphone-Monster-Beats-dr-dre/

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  14. nice ganz... pengaruhnya sangat besar nie burn in...kebiasaan ane burn in coz ane penggemar headphones hehehe ...suaranya jadi nyaman di telingan dan lebih detail...

    ReplyDelete
  15. gue kasih saran gan kalo gk mau di burn in mending pakai aplikasi poweramp langsung aja dengerin lagu sama pengaturan suaranya bisa dirubah sesuai selera telinga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga ,menggunakan equalizer, semua tergantung kebutuhan user audio

      Delete
  16. Misi gan, izin share ya...

    Headset Genius Bluetooth HS-980
    Price Rp 399.000

    Review Product :

    Headset keluaran Genius ini dikoneksikan secara wireless menggunakan teknologi bluetooth ke perangkat handset mobile seperti handphone, blackberry, iPhone dan PDA yang tentunya sudah terintegrasi modul bluetooth didalamnya. Sehingga dapat menerima dan menelpon atau bahkan mendengarkan musik tanpa menggunakan kabel.
    Kunjungi web kami untuk produk lainnya

    Deskripsi :

    Adjustable Headband Swivel Ear Cups, Great for Music and Smart Phone (A2DP), Rechargeable Lithium Ion Battery, Talk Time : Up to 9 hrs, Music Play Time : Up to 7.5 hrs.
    --------------> Bluetooth Class 2 (2.4Ghz Wireless)
    --------------> 20 ~ 20KHz Frequency Response (Headphone Speaker)
    --------------> 32Ω Impedance, 30mm Driver Unit
    --------------> 102dB Sensitivity Headphone, -40±3 dB Microphone
    --------------> Omni-direction Microphone
    --------------> 100Hz~10KHz Frequency Response (Microphone)

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  17. 2. Siapkan headphone/earphone anda dan colokan ke HP/Ipod/Laptop/MP3.

    #ask
    Klo pake radio, boleh gak?? Apa ada dampak buruk?? Thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya lebih baik menggunakan hp, pc, atau laptop karena kualitas suara, burn in menggunakan noise yg diperlukan atau dengan lagu kesukaan anda dengan file lagu mp3 dengan minimal 320kbps atau lebih bagus menggunakan file lagu berekstensi .flac

      Delete
  18. Baru beli sony MDR-XB50AP mau di burn in dulu apa ada perbedaan signifikan apa ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya, burn in tidak memberi perubahan yang jauh, semua sesuai kemampuan earphone atau headphone itu sendiri, tidak bisa jika kita berasumsi earphone atau headphone seharga ratusan ribu bisa menjadi sama enaknya dengan harga jutaan

      Delete
    2. emang gan @indra burn in tujuannya bukan ingin untuk mendapatkan suara audio yg bsa menyaingi kualitas tipe high res tapi hanya untuk membuat kualitas audio head/earphone kita jadi lebih tegas dan lembut, selain punya ane flashmob ex09i ane jg pernah audisi jimbon a.k.a phrodi 007 bnib dan yg udah dipake lama beda jauh banget gan suaranya, bnib bass deep gak karuan high nusuk telinga, sedangkan yg lama lebih detail mid nya bass deep nya teratur high nya gak nyakitin telinga, dan temen ane walaupun dah punya seri grado tapi tetep dia andalin jimbon nya yg dah lama dipke suara nya lebih dapet kata dia

      Delete
    3. @woko satrio flashmob ex09i audio bass nya mantep gak ? jernih gak audionya ?

      Delete
  19. ulasan yang bagus sangat membantu buat saya yang masih awam masalah burn-in headphones...

    ReplyDelete
  20. Bro sony sbh80 ane suaranya kecil sebelah dah? Apa karna ga di burn in pas baru beli kmaren?
    Ada solusinya, biar bisa normal lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dicoba didevice lain? Kalo didevice lain apa masih kecil sebelah?

      Delete
  21. baca blog ini.. burn in sennheiser hd800 ane suaranya jadi bikin orgasm gan mantap abis.. nice post bro!

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. gan kalo burn-in nya pake yutub yg lagu mix sampe 1jam 2jam ga masalah kan?

    ReplyDelete
  24. gan kenapa kalau dengar heandset suara musik nya terdengar tp suara penyanyi nya gak jelas

    ReplyDelete
  25. ane dah coba burn in headphone ane typenya flashmob ex-09i , ane burn dri pertama bongkar box selama 3 hari nonstop brarti 72jam dengan lagu campur flac dan mp3 320kbps all genre, hasilnya beda jauh dri punya teman ane dengan type yg sama tanpa burn BNIB jg emang niat buat dibandingin, karakter headphone ane balance allrounder, sbelum di burn suara bass flat no punch di kick drum instrument yg lain pun flat , selesei di burn in jadinya bass smooth punchy warm mid nya vokal jelas high cukup gak nyakitin telinga, pokoknya bener" yg namanya karakter balance nya dapet, ini ane lagi pesen iem KZ EDR1 dengan type dual magnetic nah gak tau apakah burn in berlaku juga buat ni iem karna drivernya bukan membran tapi magnet, tunggu review burn in ane aja selanjutnya dsni, heheheh, tapi juga ada temen ane yg gak ngerasakan perubahan apapun di senheiser hd202 punya dia setelah di burn in ya sama aja kaya dari bongkar box, brarti kesimpulannya sama dengan agan TS tidak semua headphone/earphone ada perubahan walau sudah di burn in

    ReplyDelete
  26. ane baru beli headset harga 190rban. sampe kost langsung ane coba tes denger bentar lalu ane burn-in 4 hari nonstop pakai laptop sesuai tutorial agan.

    ane bisa bandingin suara pas pertama kali buka box sama setelah burn in.
    suara saat pertama buka box ya umum lah, suara high, mid, low, semua kedengeran bagus. dan setelah burn in 4 hari nonstop, headset ane gaada suaranya sama sekali. fak.

    ReplyDelete
  27. Misi agan2,saya mau beli phrobi,tolong kasih masukan gan untuk kualitas audio terbaik dari type berikut:
    Phrobi pod 007
    Phrobi pod 300
    Phrobi pod 500 atau
    Phrobi pod 600.

    ReplyDelete
  28. Mas saya baru aja dibelikan headset monster beat bluetototh dan rencananya mau di burn-in. Ane coba download link diatas tapi gak bisa download kaya linknya error gitu, ada alternatifnya gak ya?
    Sekalian mau tanya nih mas, kan headset ane bluetooth. Kalo dipake koneksi lewat bluetooth itu suaranya enak detail dan suara bass besar, tapi kalo koneksinya melalui kabel (tanpa bluetooth) itu suara tetep detail tapi suara bassnya kecil. Itu kenapa ya mas?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monsternya ori ga?
      Link test coba audiocheck.net

      Delete
  29. memang beda suara waktu pertama kali beli sama yg sudah sering dipake. nice inpoh gannn

    ReplyDelete
  30. sy pake Earphone SHE 3590 model IEM
    setelah sy burning 24jam pake leptop memang terasa ada perbedaan yang signifikan...tips yang sangat ok...

    ReplyDelete
  31. Ane mau nyoba burn in JBL M330,yang baru ane beli,,,, sekalian SENNHEISER menyusul,, gadjet mp3 nya gantian hehee,,
    Makasih bro atas tips nya

    ReplyDelete
  32. mas mau nanya piston 2 sm piston 3 bagus mn?

    ReplyDelete
  33. Terima kasih banyak atas infonya.

    ReplyDelete
  34. Lagunya disetel pke equaliser apa gak. Misalnya bass nya di besarkan atau trebel yg dibesarkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Default aja, usahakan filenya flac, sama devicenya yg mumpuni

      Delete
  35. Mau nanya gan.. hp saya samsung core. Pas dengerin pakai headset selalu ada suara seperti radio gan.. gak jelas gitu. Lagunya saya pause suara gak jelasnya jga hilang. Pkoknya pas play lagu mesti ada suara gak jelasnya. Yg keluar dari headset mononya
    Trima kasih sbelumnya gan...

    ReplyDelete
  36. Saya baru beli SHURE SE215. demo unit J*BEN ama barang saya lebih enak demo unit. Harus tak burn in berapa lama ya ? pake lagu apa ? Norah jones 24/192 ok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Burn lebih lama lebih baik gan, apapun sip yg penting filenya usahakan flac hehe

      Delete
  37. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    ReplyDelete
  38. Gan hp ane xiomi mi4i gk bsa pkek headset mohon bantuan

    ReplyDelete
  39. Gan hp ane xiomi mi4i gk bsa pkek headset mohon bantuan

    ReplyDelete
  40. Gan kalo ane burn 7jam sehari rutin selama 7hari apakah efektif ? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  41. saya ada audio tehcnica seri solid bass, ws770 tepat nya, dan suara nya kaya gk natural, apakah ini pengaruh belom di burn in atau gara gara seri solid bass dan bukan seri monitoring kaya m40x misal?

    ReplyDelete
  42. gan heatset punya ku bergema saat di pencet tombol heatset auara kembali baik...saat di lepas bergema lagi
    solusinyagan thx

    ReplyDelete
  43. Pake Xiaomi MI Hybrid Dual Drivers Earphone In-Ear Headphones ga perlu di Burn In lagi,setelah membeli,rasakan hasil nya tanpa Burn in,recomended banget lah headset yang satu ini👍

    ReplyDelete