3 Jenis Kepribadian Manusia (Introvert, Ambievert, Extrovert) dan Ciri-cirinya


Kali ini gue bakal ngebahas tentang kepribadian manusia  (personality). Seperti yang kita ketahui, manusia itu memiliki berbagai macam sifat, dan dari sifat-sifat itulah akan mencerminkan kepribadiannya. Emang ada berapa jenis kepribadian ya sebenarnya? Menurut sang dokter psikologi dari Swiss, Carl Jung, terdapat 3 jenis kepribadian umum pada manusia, yaitu Introvert (Introversion), Ambievert (Ambiversion) dan Extrovert (Extraversion).

Gue yakin, pasti anda udah gak terlalu asing dengan kata-kata ini. Tapi di antara ke-3 jenis kepribadian ini, yang paling sering diucapkan hanya 2 aja, yaitu Introvert dan Extrovert. Sebelumnya gue udah membaca beberapa artikel tentang ke-3 kepribadian ini. Jadi berikut adalah ringkasan gue mengenai ke-3 kepribadian tersebut:


1. Introvert (Introversion)
Introvert atau Introversion adalah kepribadian manusia yang lebih berkaitan dengan dunia dalam pikiran manusia itu sendiri. Jadi manusia yang memiliki sifat introvert ini lebih cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Mereka adalah manusia yang lebih banyak berpikir dan lebih sedikit beraktifitas. Mereka juga orang-orang yang lebih senang berada dalam kesunyian atau kondisi yang tenang, daripada di tempat yang terlalu banyak orang.

- Ciri-ciri Introvert:
a. Senang menyendiri
b. Pemikir
c. Pemalu
d. Pendiam
e. Lebih senang bekerja sendirian
f. Lebih suka berinteraksi secara langsung dengan 1 orang (1 on 1 interaction)
g. Susah bergaul (kuper)
h. Senang berimajinasi
i. Jarang bercerita, lebih suka mendengarkan orang bercerita
j. Senang dengan kegiatan yang tenang (membaca, bermain komputer, memancing, bersantai dsb)
k. Lebih senang mengamati dalam sebuah interaksi
l. Berpikir dulu baru berbicara/melakukan
m. Lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan tulisan 
Ingin lebih tahu tentang introvert? Silahkan baca disini.


2. Extrovert (Extraversion)
Extrovert atau Extraversion merupakan kebalikan dari Introvert. Manusia dengan kepribadian extrovert lebih berkaitan dengan dunia di luar manusia tersebut. Jadi manusia yang memiliki sifat extrovert ini lebih cenderung membuka diri dengan kehidupan luar. Mereka adalah manusia yang lebih banyak beraktifitas dan lebih sedikit berpikir. Mereka juga orang-orang yang lebih senang berada dalam keramaian atau kondisi dimana terdapat banyak orang, daripada di tempat yang sunyi.

- Ciri-ciri Extrovert:
a. Senang bersama orang
b. Percaya diri (Kadang bisa berlebihan)
c. Aktif
d. Lebih senang bekerja kelompok
e. Lebih suka berinteraksi dengan banyak orang sekaligus
f. Gampang bergaul (supel)
g. Senang beraktifitas
h. Lebih senang bercerita, daripada mendengarkan orang bercerita
i. Senang dengan kegiatan dengan banyak orang (jalan-jalan, pergi ke konser, nongkrong, berpesta dsb)
j. Lebih senang berpartisipasi dalam sebuah interaksi
k. Berbicara/Melakukan dulu baru berpikir
l. Lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan kata-kata

3. Ambievert (Ambiversion)
Ambievert atau Ambiversion adalah kepribadian manusia yang memiliki 2 kepribadian, yaitu Introvert dan Extrovert. Manusia dengan kepribadian ambievert dapat berubah-ubah dari introvert menjadi extrovert, atau sebaliknya. Memiliki kepribadian ambievert ini bisa dibilang baik, karena manusia tersebut bisa fleksibel untuk beraktifitas sebagai introvert ataupun extrovert, serta dapat berinteraksi dengan introvert dan extrovert dengan baik. Tidak seperti Introvert yang susah bergaul dengan Extrovert dan sebaliknya.
Namun, kekurangan dari kepribadian ini, karena memiliki kepribadian di antara introvert dan extrovert, orang dengan kepribadian ambievert jadi sering terlihat moody, karena sifatnya yang sering berubah-ubah.

Jadi, anda termasuk orang dengan kepribadian yang mana?

Artikel Lainnya:

230 comments:

  1. Gue berarti ambievert dong
    Tp banyakan introvertnya sih wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagus yaa, tp di dalam kepribadian ambievert gak mungkin 50:50 antara kepribadian introvert sama extrovertnya, pasti ada aja yg dominan 40:60

      Delete
    2. aku juga ambievert dech... banyak yang bilang aku mudah berubah ubah hehehe

      Delete
    3. aku juga.. tp msh banyakkan introvertnya.. Introvert : Ekstrovert (25:75)

      Delete
    4. Kalau aku sih termasuk orang yang introvert. Dan terkadang aku ngerasa ga nyaman dengan karakter aku ini. Aku pengen banget jadi ekstrovert tapi sulit banget. Jadi gimana dong?

      Delete
    5. Kalau aku sih termasuk orang yang introvert. Dan terkadang aku ngerasa ga nyaman dengan karakter aku ini. Aku pengen banget jadi ekstrovert tapi sulit banget. Jadi gimana dong?

      Delete
    6. anjay si bejo keseringan ngulang film terminator.
      gua ambi juga min, cuman gua banyakan extronya sih.
      udah gitu aja simpel.

      Delete
    7. Gunsari Maulana.. berubah bukan solusi ..yang jelas terima diri loe dlu sendiri..jangan berubah..cari kelebihan yg dimiliki oleh orang2 introvert..manfaatkan itu..ga ada yg salah dengan orang2 introvert..mereka adalah seorang pemikir, imajinator ulung, orang yg punya visi kedepan dan pemberi solusi yg bisa diandalkan bagi teman2nya.. be yourself

      Delete
    8. gue mah tampan dan rupawan aja min gk neko2 wkwkwk

      Delete
    9. Sebenarnya ini masalah persepsi saja.
      Menurut saya tidak ada manusia yang benar-benar murni introvert atau ekstrovert
      Kebanyakan ambievert
      Salam santai
      menang BERSAMA
      Hidup Adalah Perjuangan

      Delete
  2. Introvert 100 % jarang sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga jg kok, org2 yg pendiam dan susah kenalan itu termasuk introvert

      Delete
    2. saya hampir 100% introvert :'( pernah nyoba buka diri ttp ae ga bisa ada solusi gan

      Delete
    3. Saya susah berkenalan dg org lain, kalo test psikklogi juga dibilang kemampuan bersoaialisasi nya kurang, tapi saya itu cerewet sekali, dan moody sekali, berarti saya ambivert ya?
      Terus kalau yg seperti test 16 personalities itu kenapa tidak ada personalty yg ambivert ya?

      Delete
    4. Sya benar benar introvert 100% , semua ciri cirinya ada dalam diriku...

      Delete
  3. ngga sengaja tiba2 nemu artikel ini..klo saya 100% intervert..suka berimajinasi,,penfdiam,pemalu,pemikir,ngga suka basa-basi..tapi orang lain ngeliat saya itu "aneh" dan "misterius" meskipun demikian,.Alhamdulillah saya adalah org yg sangat dibutuhkan org2 di lingkungan sekitar saya..hehehe -Vina(spensa bjm):D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk iyaa gak ada salahnya jadi introvert. Di dunia ini jg perlu adanya introvert. Karena mereka org2 yg seneng berpikir, berimajinasi dan mengamati. Jadi introvert itu sangat dibutuhkan sebagai peneliti, seniman dll, serta bagus jg kalau vina bisa dibutuhkan dan memberi manfaat bagi org2 di lingkungan sekitarnya :D

      Delete
    2. iya bener, bijaksana ketika berpikir dahulu sebelum berucap

      Delete
    3. Kalau cara ngadepin cwok introvert gmna?
      Kalau Q sndri keyx masuk kategori ambievert deh soalx suka moody gtu.

      Delete
    4. Kalau cara ngadepin cwok introvert gmna?
      Kalau Q sndri keyx masuk kategori ambievert deh soalx suka moody gtu.

      Delete
  4. semuanya rata" introvert yah...!!!!
    tapi aku introvert juga looohhh, hehehe
    menurut temen temen", sifat introvert dapt dirubah enggk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak jg kok, seimbang sih klo menurutku. Kyk di suatu kelas, pasti ada aja murid yg pendiem (introvert) sama yg suka ribut (extrovert). Dirubah? Gak bisa sayangnya :( , cmn bisa dikurangi aja, dengan cara lbh sring bergaul dgn yg extrovert atau ambievert.

      Biasanya, introvert yg pengen beralih ke extrovert bakal ujung2nya jd ambievert biasanya. Tp klo emg ga cocok sama extrovert, atau udah lama ga bergaul sama extrovert, bakal balik lg jd introvert

      Delete
    2. ga ada yg sempurna tiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing - masing, yg terpenting jadi diri apa adanya, tingkatin kualitas diri, kalo punya prestasi pasti banyak yg mau bertemen

      Delete
    3. Eh ini akun adek gw nyangkut mele, woles", bisa di ubah kok, suer gw orangnya pemaluuuu banget dulunya, bisa dibilang gw kategori 100% introvert, tapi semenjak temenan ama yang ekstrovert, gw jadi suka ngelawak, supel, pd, dan ampir semua ekstrovert udah msk ke diri gw (yahh walau ngga bisa lebih dari yang ngerubah gw sih wkwkwk) mungkin inilah yang namanya pergaulan, karna pergaulan semua bisa berubah, dari baek jadi jahat, sebaliknya, jahat jadi baek, tergantung niat pikiran kita, gw malah orangnya suka ngumpul, ngobrol ber 2 gw juga suka, dulu gw ngga mau ngobrol ama orang yang rame, takut salah ngmng haha, jadi ngga ada kata yang ngga mungkin selama kita niat mencoba (yahh walaupun gw bergaul sekitar 2 tahun baru bisa jadi ambievert), percaya aja ama niat kita sendiri, semoga membantu :) kalo mau saran ama gw, tanya ke email gw fajrialmedeo01@gmail.com, atau bisa ke fb di fajrialmedeo@yahoo.co.id, kalo ane baca pasti di respon kok hehe :)

      Delete
  5. ambievert +1.. bener emang kadang moody, tapi bisa dipelajarin kok cara ngendaliin mood.. jadi sekarang semakin hari udah semakin stabil moodnya dibanding dulu2.. (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagus gan kalo udah bisa menstabilkan moodnya

      Delete
  6. Kayaknya aku ambivert. Bingung sih. Aku emang pendiem, tapi aku gampang berteman. Tapi ya gitu, misal pas first impresion dia kayanya gak asik, aku bakal jadi pendiem. Tapi kalo kayaknya nyambung, bisa jadi baweeell bgt akunya. Aku suka berimajinasim suka nulis. Bahkan kalo ada masalah lebih suka nulis atau mendem dalam hati. Tapi aku kadang suka curhat sama org yang emang bener2 aku percaya.. Sampe skrg masih bingung sih aku itu lbh ke introvert atau ke ekstrovert.. Aku suka banget ikut banyak kegiatan, tapi ya gitu deh, keseringan aku membaurnya sama orang yg sejalan sama pemikiran aku. yg respek sama aku.. Andai aku punya topi harry potter.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. miirip tuh sama saia .__.
      dat's quotes is same with me :
      "Tapi ya gitu, misal pas first impresion dia kayanya gak asik, aku bakal jadi pendiem. Tapi kalo kayaknya nyambung, bisa jadi baweeell bgt akunya. Aku suka berimajinasim suka nulis. Bahkan kalo ada masalah lebih suka nulis atau mendem dalam hati."

      Delete
  7. saya seorang yang introvert . tapi perlu diingat . i am not shy , i am not stuck up , and i am not antisocial , i am just observing and listening . so dont scold me or embrass me in public . respect that i am reserved .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah, I know, I'm kinda an introvert too. I talk only when I feel like it

      Delete
    2. same with meπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Delete
  8. kayaknya gue masuk di Introversion nih,,,,
    hehehe

    ReplyDelete
  9. Kayaknya poin c ama g musti diralat deh. Soalnya pemalu itu gk musti introvert. Udah itu soal kurang gaul sebenernya yang terjadi para introvert coba jadi ekstrovert yang heboh dan ekspresif pas ketemu orang makanya mereka kagok. Mereka coba niru apa yang umum di pergaulan dan gk cocok.

    BTW, saya ambivert jadi tau rasa dua-duanya :0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak semua sih introvert itu pemalu, tp kadang karena mereka pendiam dan jarang ngomong jd dikira pemalu. Wah keren yaa jd ambievert, saya jg mau!

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Aku sih katanya kebanyakan orang extrovert, soalnya aku orang supel, tapi aku gak sering overconfident kok, terus aku jg mikir dulu baru ngomong, aku juga pendengar yg baik, aku jg gak tergantung moody, lebih bisa ngimbangin diri sih tergantung keadaan, jadi aku apa dong, gak termasuk tiga2 nya tuh, hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurutku sih kayaknya mba itu ambievert, cmn sifat ekstrovertnya lbh menonjol

      Delete
  12. Wah saya suka artikel ini.. karena saya sepenuhnya introvert... :)

    ReplyDelete
  13. Saya Ambievert :D
    Extrovert 55:45 Introvert

    ReplyDelete
  14. Sy skrg extrovert..
    Sebelum lulus SMP..introvert.
    kadangvrindu jadi introvert.

    ReplyDelete
  15. I'm an introvert. When i don't feel like talking, people think I'm snob.
    The fact is I just don't feel like talking. I'm an introvert. I pull my self out from surrounding, not because I don't like them, I just prefer being alone. I'm an introvert. I don't hang out much, I' d rather stay at home and read.
    Yes, I'm an introvert.

    ReplyDelete
  16. Kyk nya introvert lebih gampang jadi ambivret ketimbang ekstrovert. Mungkin karna mereka suka mikir tadi jadi mereka sadar akan kekurangan nya dan berusaha untuk menutupi kekurangannya tersebut. Buktinya yg koment rata2 introvert. Saya berawal dari introvert tapi sekarang kyknya ambivert 65:35

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener itu, kalo ekstrovert itu memang dari lahir gak suka diam, jd susah kalo mau jd ambievert. Tp kalo introvert bisa lbh mudah berubah jd ambievert demi menutupi kekurangannya. Hahah saya jg gtu

      Delete
    2. Sebenernya bukan kekurangan sih, jd introvert itu bkn kekurangan tapi kita para introvert hidup di dunia yg pakemnya dr awal udah di set duluan oleh org extrovert (jd org hrs talkactive, bisa bekerjasama dn kelompok,dll), soalnya org introvert kalah jumlahnya dgn populasi introvert :)

      Delete
    3. agung adhyaksa.. sama aja kayanya bro.. orang extrovert bisa jg mudah jadi ambievert..soalnya dengan sikap mereka yg extrovert menimbulkan byk masalah dan keributan akhirnya dia jd sedikit kalem untuk ngurangin masalah dan keributan broo..wkwkwk..

      Delete
  17. aku ambievert, soalnya yahh gitu deh.
    if i must to be serious i have to serious.
    but if doesn't have to be serious. i just want to kidding, kidding, telling and telling.pada intinya aku bisa jadi si jenius yang serius pada masanya dan bisa jadi si bodoh yang cerewet pada masanya.
    betewe informasinya, makasih ea

    ReplyDelete
    Replies
    1. kira-kira ane masuk ke mana gan ? ane males sosialisasi kayak gabung ke komunitas sejenisnya, tapi kalo dah gabung ane yg paling banyak bicara dan ngerasa seneng bisa gabung, trus kalo ngumpul bareng temen-temen ane memang banyak yang ngomong tapi kadang ane ngerasa canggung ama mereka kayak sifat introvert (contoh : waktu candaan saling hina, waktu giliran ane yg menghina semua pada ketawa tapi wak tu giliran ane yang dihina ane ngerasa mereka canggung buat menghina ane) beri pencerah nya gan :-)

      Delete
  18. mostly aku termasuk yang extrovert walaupun suka berimajinasi jg sih hehe

    ReplyDelete
  19. aku ambivert..
    tapi dominan extrovert. hiahahahahaaa..

    ReplyDelete
  20. ane juga introvert, terlalu sering mikir dalem. jadi yang lain gak nyampe
    kadang kalo ngomong juga sering gak nyambung.
    bisa ngelucu yang bener2 lucu disaat2 tak terduga, dan disaat pengen ngelucu jadinya garing..
    ya apaboleh buat..
    I Proud with who I'M haha B|

    ReplyDelete
  21. Ambievert...
    jujur aja kalo masalah dominan gak dominanya itu kurang berpengaruh
    hal tersebut biasanya ada triger/pemicunya, kalo lebih sering di rangsang sama pemicu ekstrovert maka dominannya jadi lebih ke ekstrovert.
    sebaliknya kalo sering rangsang sama pemicu introvert maka dominannya jadi lebih ke introvert

    makannya di sebut moody, semakin banyak pemicu semakin sering mood nya berubah2 :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iyaaa bener jg, jd tergantung lingkungan sama suasana aja yg bisa memicu ambievert

      Delete
  22. Aku koq ya ngerasa lebih dominan ke ambievert,dulu sih dominannya ke introvert skrg dengan makin bertambahnya usia dan banyaknya teman yg bermanfaat q lebih cenderung ke ambievert,teman yg baik bisa merubah sikap kamu yg merugikan diri kita sendiri,sifat bisa qt rubah slagi qt mau :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa pengaruh lingkungan sama pengaruh pergaulan jg bisa merubah sifat dari introvert jd ke ambievert

      Delete
  23. Ambivert, moody-an itu gue banget :D
    Tapi lebih cenderung ke introvert...

    ReplyDelete
  24. ambievert.. Kalo dilingkungan rumah introvert. Tapi kalo disekolah ekstrovert. Gak tau napa tapi ini udah berlangsung sejak smp.

    ReplyDelete
  25. initinya aku ada di antara introvet dan ekstrovet dan itu juga tergantung mood kita juga kan

    ReplyDelete
  26. aku introvert nih, tapi bisa mendominasi pembicaraan kalo udah nyangkut hal yang aku suka, tentunya itu kalo ngobrol sama sahabatku hehehe

    terkadang pengen juga sih jadi orang yang gak pemalu, cerewet dikit gitu, yah intinya jadi ekstrovert.


    jadi ingat pas awal2 masuk kuliah aku pernah ditanya ma tmen aku "kenapa sih ndak mau duduk didepan ?"
    "dari belakang aku bisa melihat dan perhatiin kalian. I'm a watcher :D "

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih, aku jg kalo sama org yg gak srek itu lbh suka diem. Tp kalo udah sama yg srek dan percaya bakalan gak bisa diem hahahah

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Klx ane Ambievert, ane lebih banyak mengambil yang positifnya aja antara Intovert dengan Ekstrovert atau lebih menyesuaikan diri,. Tapi klx di suruh memilih, ane lebih dominan ke Introvert. Thanks untuk pembahasannya

    ReplyDelete
  29. Kalo gue lbih cenderung ke Ambievert kali ya :)

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  31. Ambievert, tapi cenderung Introvert. Moody itu bener banget..

    ReplyDelete
  32. Bagus ni, banyak di Ambievert, mody nya keliatan banget.

    ReplyDelete
  33. Saya Ambievert tp lebih ke extrovert.tp kata temen2 saya,saya extrovert huehueπŸ˜‚

    ReplyDelete
  34. kok aku gk ada ekstrovertnya sama sekali ya. 100% introvert mungkin?

    ReplyDelete
  35. thanks infonya. izin share link nya ya. trims

    ReplyDelete
  36. Intinya aku itu kalau sama orang yang aku benar-benar kenal aku itu extrovert banget, kalau cuman sama orang yang gak aku kenal atau cuman yang aku kenal aja aku itu introvert banget. Kalau ciri-ciri aku 50-50, aneh yah? Aku itu nggak berubah-ubah moodnya, terus aku juga nggak bisa berteman dengan baik kalau sama introvert dan extrovert kalau mereka gak ngajak aku ngobrol terus-terusan sampai lama-kelamaan baru aku akrab, aku itu ambievert yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa km ambievert kok, cmn lbh cenderung ke introvert. Soalnya introvert itu lbh bisa mengekspresikan dirinya sama org2 dekat aja. Beda dgn extrovert, yg bisa selalu mengekspresikan dirinya sama siapa aja

      Delete
  37. saya lebih memilih introvert ketimbang extrovert karena kenapa saya lebih suka bercerita 2 mata ketimbang formalitas artinya saya gak suka keramaian jikalau itu ada keramain paling hanya diam ngeliatin orang berbicara hhehe

    ReplyDelete
  38. Replies
    1. Jd introvert emg gitu hehe, paling males kalo di situasi yang rame. Rasanya kurang pas aja

      Delete
  39. yang mana dong aku?? aku kan di kandang sapi terus... jarang ketemu orang, tapi banyak teman kok di kandang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo itu namanya introvert, cmn introvertnya sama sapi hehehe

      Delete
  40. Aku sih introvert tapi kenapa ya kan aku pemalu dalam bergaul jadi suka dibilang sombong tapi aku bang jadi introvert karna karya saya saya bisa mengenal banyak orang

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  42. kayaknya gua sih ambivert nih, soalnya fleksibel bgt. gampang bgt bergaul sama orang, adaptasi nya juga gampang, tapi kadang gak pede sama diri sendiri. gua orangnya seneng keluar, hangout, keramaian tapi kadang suka menyendiri, mengarang dan berimajinasi. dan kadang aku gak suka kalo aku jadi pusat perhatian banyak orang. mauya biasa-biasa aja ..

    ReplyDelete
  43. ambievert :D
    bener2 moody, kadang kaya introvert kadang kaya ekstrovert

    ReplyDelete
  44. Gung makasi udah share, kapan kapan kita meet up

    ReplyDelete
  45. Saya seorang introvert, dan menjadi introvert itu menyenangkan, saya sangat suka dengan ketenangan dan kedamaian, saya pun jika libur lebih suka berdiam di rumah sendirian atau pergi ke alam bebas

    ReplyDelete
  46. Waaa~ saya sejak lama bingung. Teman-teman saya juga bingung soal saya yang introvert kah, atau justru ekstrovert. Ternyata ambievert dong, kalau begini penjelasannya. Hahaa
    Thanks yaa :D

    ReplyDelete
  47. Waaa~ saya sejak lama bingung. Teman-teman saya juga bingung soal saya yang introvert kah, atau justru ekstrovert. Ternyata ambievert dong, kalau begini penjelasannya. Hahaa
    Thanks yaa :D

    ReplyDelete
  48. hallo :). sepertinya aku termasuk kategori ambievert yang lebih dominan ke extrovert.
    thanks ya. berbagi itu asyik ;)

    ReplyDelete
  49. Wah wah. Saya Ambievert dong, dua-duanya punya nih dr introvert sama extrovert. Dan emang paling sering ngerasa mood berubah tiba-tiba, dan itu paling kesel rasanya -_-

    ReplyDelete
  50. Kayanya saya masuk ambievert :)) tp lbh cenderung ke ekstrovert dan emng mood saya suka berubah2 :3

    ReplyDelete
  51. aku mungkin introvert,, karna aku merasa canggung di tengah keramaian.
    tahun ini aku mau masuk kuliah :) buat kakak2 dan abang2 boleh berbagi ceritanya nggak awal kuliah nya gmana?? yang introvert dan ambivert
    makasih :)

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. aku mungkin introvert,, karna aku merasa canggung di tengah keramaian.
    tahun ini aku mau masuk kuliah :) buat kakak2 dan abang2 boleh berbagi ceritanya nggak awal kuliah nya gmana?? yang introvert dan ambivert
    makasih :)

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. Ambievert (Ambiversion)
    Moody bgt, Tp ttp suka diem klo dilingkungan baru. :)

    ReplyDelete
  57. keknya masuk di introvet, jika tidak ingin melakukan nga usah dilakukan, bila ingin dilakukan lakukan dengan cepta

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. dari dulu saya selalu membaca tentang jenis kepribadian manusia, apa itu Introvert, apa itu Extrovert, apa itu Ambievert.
    akan tetapi saya sendiri tidak bisa menentukan kepribadian saya berada dimana?
    apakah itu Introvert, Extrovert ataupun Ambievert
    apakah ada metode lain yang bisa membantu saya menjawab kkebuntuan ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh sama juga aq kadang juga bingung, dilingkungan sekolah aq diem krn dibully, cuma cerewet ke bbrapa org aja, dulu pas sd lbh supel, di lingkungan keluarga verewet bahkan saudara2 blg aq ini pecicilan wkekwwwwk. Pemalu gak, kuper gak jg. Hanya Tuhan yg tauπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Delete
    2. aq jg kalo presentasi malah lbh pedr drpada temen2 ku yg ekstrovert? kenapa ya mereka kalo presentasi gak swpede aku? menurut anda?....

      Delete
  60. Kalau saya memang sangat introvert walau gak 100 % juga, tapi jujur sering kena ceramahi ortu karena gak mau ikut acara2 keramaian...

    ReplyDelete
  61. Aku ambivert bangett... Moody, temen banyak, dari yg pendiam sampai yg gokil, imajinatif. Tapi negatifnya apa ya?

    ReplyDelete
  62. kesunyian, tenang, gelap, aku suka... walaupun dikuburan, aku juga selalu berpikir, mungkin pemikiranku lebih tinggi dari pada yang lainnya, aku selalu punya temen disaat apapun, tapi kalo 3-7 hari gak ketemu pasti akan lupa dan bingung untuk ngomong apa, temen hanya sekedar teman dan akan terhapus oleh waktu begitulah pemikiranku, di saat ini banyak temen yang bermain game sama aku tetapi aku bisa tertawa bersama mereka, aku membenci realitas aku juga sangat peka, aku tau semua cewek yang suka aku dan aku tau cewek yang aku suka, tetapi aku belum pernah mencintai seseorang walaupun itu keluargaku. diluar aku selalu beraktifitas tetapi didalam aku tidak,senang bersama orang yang memiliki hobi yang sama, tetapi yang lain tidak, kerja sama tim sangat jelek, tetapi saat 1 lawan 2 bisa menang. selalu berusaha sendiri, tetapi aku membenci orang yang bekerja sendiri, mengungkapkan perasaan lewat tulisan seperti yang aku sekarang tulis, aku tidak mengerti kenapa aku suka melihat orang patah hati, menolak banyak cewek dan melihat mereka putus asa, apakah aku seorang introvert atau seorang ekstrovert atau ambievert atau aku tidak memiliki kepribadian??? aku bertanya??? jangan terlalu kaget ya, aku tidak memiliki gangguan psikolog dan tidak suka membunuh seperti halnya psycopath, seperti itulah aku juga memiliki pemikiran agar tidak dibenci orang dan aku juga berpikir aku orang yang paling jahat dibandingkan orang yang jahat

    ReplyDelete
  63. Saya kayanya ambievert, 30% ekstovert. 70% introvert pfft..

    ReplyDelete
  64. sekedar sharing nih, gue bingung ekstrovert apa introvert, gue kalo di kelas sukanya diem dan takut ngomong. tp gue jg takut kalo ga punya temen nanti ga bisa ikut main bareng, ikut organisasi dll. tapi gue sukanya punya temen yg pendiem, kalo cuma berdua sama temen gue yg pendiem itu gue jadi semacam orang terheboh di dunia gituu hehehe :D jadi mungkin gue introvert tp bakal berubah jadi super extrovert kalo lg berduaan sama introvert piss ;)))

    ReplyDelete
  65. Gua introverr, dan rasanya memiliki 1 sahabat saja adalah hal yg mustahil bagiku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, ya, aku ngerti juga gimana rasanya haha.. Tapi disaat udah dapet orang yg bener2 dipercaya sebagai sahabat, rasanya luar biasa.. :)))

      Delete
    2. sya juga merasakan lo. syg jrg shbt yg dpt di perc gtu slain org tua

      Delete
  66. Gua introverr, dan rasanya memiliki 1 sahabat saja adalah hal yg mustahil bagiku

    ReplyDelete
  67. Termasuk Introvert tapi gak terlalu pemikir sih :3

    ReplyDelete
  68. numpang ngisi ya ..

    Kalian orang Introvert? Kalian harus bangga menjadi orang Introvert.
    "Bangga menjadi Introvert"
    https://www.facebook.com/banggamenjadiintrovert.15?ref=tn_tnmn
    Ayoo ikut halaman ini bersama !
    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  69. wahh aku introvert ._.
    btw, makasii artikelnya.. membantu bagi yg ingin tahu

    ReplyDelete
  70. Gue extrovert ka wkwkwk seneng sama dunia yang rame , gua juga kalo bertindak ngga pake mikir, tau tau salah ajah πŸ˜€:D

    ReplyDelete
  71. Kalo orang dengan sifat ambievert biasanya cenderung kepada introvert, dikarenakan faktor "moody' mereka yang apabila tidak dapat mereka kendalikan akan menonjolkan sifat introvert mereka yg dalam hal ini "ingin menyendiri sajalah".

    Namun ketika sifat ekstrovert mereka muncul, mereka akan terlihat memiliki kemampuan yang lebih unggul daripada orang-orang yang memiliki sifat ekstrovert murni, dikarenakan pada saat mereka dalam "introvert" state, mereka cenderung memikirkan bagaimana mereka akan bertindak sebaik mungkin ketika berada diluar "KOTAK" mereka, sehingga mereka yang memiliki sifat Ambievert ini merupakan orang-orang unggulan didalam tatanan masyarakat.

    ReplyDelete
  72. Sya ga setuju kalau u introvert itu "susah bergaul". Justru merekalah yang paling perduli terhadap orang yang mereka kenal. Dan mereka punya cara sendri untuk bergaul. Jadi mereka lebih mengerti dan paham bagaimna selayaknya bergaul. Tp, mereka tidak suka basa basi dalam bergaul.(sorry, aku introvert mohon di maklumi

    ReplyDelete
  73. Ternyata disebutnya Ambievert. Hahaa selama ini saya bingung, disebut manusia apakah saya ini? Dibilang introvert, saya gak kalem-kalem banget, dibilang extrovert, saya juga kurang suka tempat ramai.
    Yes, terima kasih tulisannya. :))

    ReplyDelete
  74. makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92

    ReplyDelete
  75. Saya Positif 100% Introvert. Ternyata saya itu Introvert. Namun kelemahannya, Para Introvert itu sangat setia pada satu orang yang dia percaya,bahkan menjadi pendengar yang baik. Sayangnya,banyak yg gak menghargai sifat Introvert.

    ReplyDelete
  76. Saya Positif 100% Introvert. Ternyata saya itu Introvert. Namun kelemahannya, Para Introvert itu sangat setia pada satu orang yang dia percaya,bahkan menjadi pendengar yang baik. Sayangnya,banyak yg gak menghargai sifat Introvert.

    ReplyDelete
  77. Huh untung saya ga kupel ,tpi saya termasuk introvert karena kebanyakan mikir sebab dan akibat dari pada mengungkapkan blak blakkan,jdi kesimpulan nya saya menganut 2 sifat yaitu introvert + ektrovert = ambievert :3 :v

    ReplyDelete
  78. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  79. Aq introvert, pendiam, pemalu, g suka basa-basi, suka keunyian, pasanganq nda suka dg itu, aq berusaha untuk mengubahnya, tapi sulit banget. aq jg kan msih kuliah, n diperkuliahan tu sering diadakan diskusi, cm aq yang jarang ngomong, aq berusaha memberanikan diri tp kok susah yaaa? ada solusinya, gaaak?

    ReplyDelete
  80. Aku introvert ...
    Kalau dulu ga ada kendala ,tapi makin lama kepribadian ini sedikit menyulitkan
    Pngen merubahnya ,gmana y caranya ?

    ReplyDelete
  81. Lihat sekilas di kolom komentar kebanyakan introvert yaaa..
    Tapi kalau saya sepertinya termasuk kategori extrovert deh . . .

    ReplyDelete
  82. Kalau saya sendiri orsngnya emang pendiam banget sih dari awal sekokah dasar hingga sekarang dan saya sendiripun tidak bisa sembarang berteman dengan orang lain yang belum saya kenal.Saya sendiri pun kalau mau bertindak pun harus berfikir terlebih dulu tidak asal mengambil keputusan.Banyak juga sih teman" saya yang biasanya mengungkapkan kesusahan hidupnya mereka masing" jadi saya sebagai pendengar yang baik dan memberikan masukan yang terbaik pula ke teman saya tsb.Mungkin itu sekilas mengenai introvert saya.Tks

    ReplyDelete
  83. 100% ekstrovert itu gak mungkin. 50:50 introvert

    ReplyDelete
  84. Wah klo gtu gw lbh mngarah ke ekstrovert agak ny, tp kan kadang gw "moody"an dan bsa jd ambievert.. Ckck

    ReplyDelete
  85. aku jadi bingung introvert atau extrovert

    saya orang nya termasuk suka menyendiri, tidak terlalu suka keramaian
    tetapi saya bukan orang yang pemalu atau pendiam, saya juga lancar dalam berkomunikasi dan boleh dibilang cukup percaya diri.

    gimana ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bingung pegangan mas :v

      Delete
    2. sama aq juga gt mas hehehehe..berarti mas ambievert

      Delete
  86. Ambivert sih, tapi 70:30 lebih ke extrovert πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  87. yang ngaku introvert pada ngaku kalo dirinya itu introvert, itu aja udah termasuk sifat extovert, yang ngaku introvert, situ sehat ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh diatas kn ada ciri"a
      Justru klo gk bsa mengidentifikasikan diri sementara ada petunjuk tertera malah itu yg gk sehat lol

      Delete
    2. introvert lebih bisa mengekspresikan sesuatu lewat tulisan, .so,setelah gw baca sama dngan apa yg gw suka yaa gak salah dongg kalo orang introvert ngakuii nyaa. .ya contoh nya gw

      Delete
  88. Ambievert hahahahhaaa moody abis gw...

    ReplyDelete
  89. saya bingung saya dalam kotegori apa .... sy suka kesunyian dan benci pesta. sy juga bukan orang pemalu, bukan juga pendiam, sy aktif dlm bekerja tp sendiri .. ga suka kerja dengan tim... sifat sy ada di introvert tp ga semua kategori introvert ... di extrovert jg ada tp juga ga semua ....

    ReplyDelete
  90. Aq introvert, semenjak kena narkoba makin parah. Tambah lg aib2 masa lalu yg bnyak. Hidup memalukan. Aq pengen mati

    ReplyDelete
  91. aku kayanga ambievert, tapi aku lebih dominan introvertnya d bandingkan extrovert hihii

    ReplyDelete
  92. aku bingung deh... dintrovetnya q ada, q suka menghayal, senang dikamar,tpi klo dalam diskusi q suka berargumen, klo presentasi q senang jdi pemateri, iya q suka bergaul, kta temanq si q mudah menarik perhatian, berarti q ambivert ya? tpi q ga moody kok, klo lagi diam, diajk ngobrol trus tiba2 udah ceria ajh.. heemmm

    ReplyDelete
  93. aku bingung deh... dintrovetnya q ada, q suka menghayal, senang dikamar,tpi klo dalam diskusi q suka berargumen, klo presentasi q senang jdi pemateri, iya q suka bergaul, kta temanq si q mudah menarik perhatian, berarti q ambivert ya? tpi q ga moody kok, klo lagi diam, diajk ngobrol trus tiba2 udah ceria ajh.. heemmm

    ReplyDelete
  94. Menurut pendapatku kepribadian yg plg bnyk "dianut" :) adalah ambivient karena sifat introvert dan extrivert sesungguhnya ada dalam setiap orang tergantung berbagai aspek yg mempengaruhinya, termasuk pendidikan lingkungan/pergaulan dan keluarga bahkan pengalaman dan perjalanan hidup bisa mempengaruhi seseorsng akan condong ke sifat yg mana? Introvert cenderung idealis atau extrovert yg lbh realistis

    ReplyDelete
  95. Gw anak Ambievert mood gw juga sering berubah"

    ReplyDelete
  96. aku kalo lagi sama sahabatku aku ceria dan gak pemalu,tapi kalo gak sama mereka aku sering sendiri baca buku.Sebenernya aku anaknya susah bergaul suma kalo cocok itu akan jadi sahabat baikku ya kira kira lebih dominan intorvertnya daripada ektorvert,aku sepertinya ambivert ya.

    ReplyDelete
  97. ambivert. saya merasa lebih dominan introvert tp lingkungan saya mendorong saya untuk menjadi extrovert. saya suka d kira badmood / bete padahal saya diem karena lg mikir / merhatiin org2 ngmg. saya jg ga terlalu suka keramaian. pusing liatnya. ehehee

    ReplyDelete
  98. minta tolong di sertakan sumbernya dong :)

    ReplyDelete
  99. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  100. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  101. Saya introvert... Tapi termasuk beruntung krn punya teman yg mengerti sifat saya. Kadang bingung klo berpapasan sma temen hrus bgaimna *pgn nya lgsg balik arah gtu lol* Skrng juga mlah jdi bingung milih jurusan kuliah... Saya anak IPS tpi gk pandai bersosialisasi... Aneh kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama persis sama saya,bahkan kalo ketemu temen pura2 ga liat aja,saja juga anak ips

      Delete
  102. Ah.. gue introvert! Tapi sekarang lagi belajar untuk bawel. Biar nggak pendiem banget gitu.

    ReplyDelete
  103. aku ambievert,,,karna aku orangnya moody,,, semua berdasarkan mood.

    ReplyDelete
  104. Aku seorang introvert.kata temen saya kalau sedang ketemuan,saya orangnya gak asik sukanya diam

    ReplyDelete
  105. iyaa gw introvert,gw lebih suka diem dan berimajinasi sendiri di kamar. .tenangg sunyii tanpa ada orang yg ganggu, .gw jugaa gak suka gaul sama orangg dan tentunya gw palingg bencii sama yg namanyaa keramaian. .maen laptop di kamar udaa jadii makanan gw sehari hari ketimbangg harus nongkrongg sama temen ato jalan jlan, .so,ttep jadi diri sendri gak usaa bingung harus brubah jadii kek gimana, .

    ReplyDelete
  106. wkwwkwk ... introvert pada keluar :v
    BTW, ane juga introvert sih :v

    jadi, abaikan saja =,=

    ReplyDelete
  107. Introvert hampir semua, tapi klo ngomongin anime atau ke event jepang gtu ekstrovert (seneng) bgt ane orgnya seketika bawel dan salting di tempat
    Itu masuk kategori apa ya ?

    ReplyDelete
  108. 100% Introvert, tidak ada ketemukan kepribadian extrovert pada diri ini tapi tetap bangga pastinya

    ReplyDelete
  109. Ambivert . moody banget jadi orang uu =_=

    ReplyDelete
  110. Ambivert,moodyan, kdg bisa jadi introvert kalo berada dilingkungan yg gak aku suka atau baru kenal org,tp bisa jadi extrovert klo udah disekitar orang terdekat

    ReplyDelete
  111. Wah dr ciri2 itu aku punya dua2nya, jumlahnya sama . Berarti aku ambivert ya? ! Emang sih dlm hitungan hari aku bisa berubah2

    ReplyDelete
  112. Duh Ane Introvert nih..
    Ane kan Kuper sama Suka Menyendiri

    ReplyDelete
  113. saya introvert tapi kalo sudah sama org yg deket saya jd extrovert. berarti saya ambi dong? kalau ada yang mau temenan monggo di ad line: rn-vn makasihh:)

    ReplyDelete
  114. YANG NO 1 TUU EMNG GW BENER SEMUA SIFAT NYA

    ReplyDelete
  115. aku tuh intovert banget,, menurutku ini kepribadian yang sangat buruk dari ketiga kepribadian diatas. berikan solusi agar aku bisa bersosialisasi dengan baik. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  116. Bang izin repost ya buat kolom Introvertnya, silahkan kunjungi 2dser9.wordpress,com Terima Kasih!

    ReplyDelete
  117. Karena saya barus sembuh dari gila, jd gak tahu termasuk ciri2 kepribadian yg mana?, semoga saya cepat dpt ciri2 kepribadian yg disebutkan diatas!!! Amiin...

    ReplyDelete
  118. Kalo ane susah gan mau tentuin yang mana extrovertkah, introvertkan or ambievert.
    Ciri2nya ada ama ane semua jadi.

    ReplyDelete
  119. Ambievert termasuk orang yang bisa dibilang plin plan ya, karena sifatnya yang berubah ubah! Ya itu lah Saya...
    Tapi nggak masalah sich memiliki salah satu atau bahkan keduanya...
    Yang penting banyakin positifnya aja jangan yang negatif mulu...!

    ReplyDelete
  120. Ambievert termasuk orang yang bisa dibilang plin plan ya, karena sifatnya yang berubah ubah! Ya itu lah Saya...
    Tapi nggak masalah sich memiliki salah satu atau bahkan keduanya...
    Yang penting banyakin positifnya aja jangan yang negatif mulu...!

    ReplyDelete
  121. Klo aq ambievert kayak e, coz q kadang pengen sendiri, tp klo sendiri terus kesepian, solusi e gmn y?

    ReplyDelete
  122. terimakasih atas informasi dari artikel yang anda tulis,semoga bermanfaat dan membawa keberkahan bagi penulis dan pembacanya.ijin share info tentang tips memilih bahan baku isi ulang gunung salak sebagai air minum
    .Dan tips memilih air minum yang sehat air minum yang sehat.

    ReplyDelete
  123. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  124. Gua sih ambi
    70:30 lah intro msh menang

    ReplyDelete