Cara Mudah Menemukan Minat, Bakat dan Passion


Salah satu masalah yang sering dihadapi orang (termasuk gue) dalam hidup ini adalah susahnya menemukan bakat, minat dan passion. Tapi sebelumnya, apakah penting untuk menemukan bakat, minat dan passion? Kalau menurut gue sih itu penting banget, soalnya dengan bantuan dari bakat, minat dan passion tersebut orang dapat menentukan tujuan hidupnya dan lebih mudah mencapai kesuksesan.

Selain itu dengan menemukan bakat, minat dan passion tersebut, khususnya akan sangat membantu murid SMA untuk menentukan pilihan jurusan kuliah nanti. Tapi sebelum membahas tentang cara menemukan bakat, minat dan passion tersebut, gue akan memberi tahu apa definisinya terlebih dulu:

  • Minat adalah suatu keinginan yang mendorong diri seseorang untuk fokus pada suatu objek.
  • Bakat adalah suatu keahlian alami yang dimiliki seseorang dari lahir.
  • Passion atau gairah adalah suatu dorongan besar yang dapat menciptakan keinginan yang besar untuk melakukan sesuatu.

Oke, sekarang anda udah tau apa arti dari bakat, minat dan passion itu. Sekarang, bagaiman cara menemukannya? Sebenarnya mudah, hanya saja butuh waktu dan harus step by step atau bertahap.

Cara yang akan gue kasih tahu berikut merupakan adalah pengalaman gue sendiri. Anda gak perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti tes bakat dan minat, tes sidik jari dsb, karena yang mengetahui minat dan bakat anda adalah diri anda sendiri. Jadi, apa aja yang harus anda lakukan?


1. Mencari Minat
Bagaimana cara menemukan minat? Mudah aja, caranya lakukanlah hal-hal yang anda sukai. Karena sesuai dengan definisinya, minat adalah suatu hal yang ingin kita lakukan tanpa paksaan orang lain. Seperti gue yang dulu senang ngedit foto muka teman biar jadi lucu, main gitar biar keren dan menulis blog supaya bisa memberi inspirasi ke banyak orang.

Akhirnya gue bisa menemukan minat gue yaitu, desain, musik dan blogging. Untuk itu, cobalah berbagai macam kegiatan yang anda sukai, semakin banyak semakin bagus. Dengan melakukan hal tersebut, secara gak sadar anda akan bisa merasakan bakat yang anda miliki.


2. Dari Minat, Munculah Bakat
Dari berbagai kegiatan yang anda lakukan sesuai minat anda, anda bisa secara perlahan merasakan keahlian alami atau bakat anda. Ada yang perlu diingat, kalau bakat itu gak cuman ada satu aja, karena manusia itu adalah mahluk multi talenta, hanya saja dari beberapa bakat yang anda miliki, hanya akan ada satu bakat yang paling dominan atau menonjol dari diri anda.

Jadi carilah bakat-bakat anda yang masih terpendam. Kalau anda belum menemukan bakat anda atau merasa hanya memiliki satu bakat aja, berarti anda masih kurang usaha untuk menemukannya dan kurang rajin untuk berkegiatan lebih banyak. Semakin cepat anda menemukan bakat anda, semakin cepat juga anda dapat mengembangkannya dan menggali potensinya.


3. Merasakan Passion
Nah, anggap saja anda udah dapat menemukan bakat atau keahlian anda. Sekarang yang perlu anda lakukan adalah memilih dan merasakan dari salah satu keahlian anda, yang mana yang memiliki passion atau gairah saat anda melakukannya.

Maksudnya bagaimana? Kalau gue analogikan, passion atau hasrat itu bagaikan seperti mengejar wanita yang kita suka, penuh dengan semangat yang menggebu-gebu dan gak kenal lelah. Jadi, rasakanlah saat anda melakukan minat anda dan anda merasa begitu senang, gak kenal lelah dan selalu bersemangat, itulah yang passion.


Jadi menurut gue minat, bakat dan passion itu saling berhubungan, sehingga kalau udah menemukan salah satunya, gak akan susah untuk mencari yang lainnya.

Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda menemukan minat, bakat dan passion anda?


Artikel Lainnya:

48 comments:

  1. ada minat gak ada bakat = bagus
    ada bakat ada minat = luar biasa
    ada bakat gak ada minat = sia-sia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya tidak , boleh kan beda pendapat,
      minat-bakat-passion sudah 1 paket,
      jika tidak ada minat, tidak mungkin ada passion untuk melakukan itu :-)

      Delete
  2. minat ketemu, bakat ada, passion dapet. eh gak direstuin ortu jeduaarr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ortu sebenarnya tau yg terbaik buat kita, tp restu itu jg menentukan. Jadi kalo emg punya keinginan keras untuk menekuni minat, bakat dan passionnya, yaa harus bisa ngeyakinin ortunya

      Delete
  3. Thank you yaah ;)
    I have to say it's so helpful hhehe

    ReplyDelete
  4. Info yang menarik
    numpang ya http://jefcomindo.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. thnks infonya bang...do'ain gw ya biar sukses kayak looo

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  6. kayanya sih mudah ngelakuinnya. tapi kok malah gak ada titik temunya yah?
    sumpah, ini sampai tugas sekolah tersisihkan cuma gara-gara nyari minat, bakat sama passion dalam diri doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dinikmati aja nyari minat dan bakatnya, yg penting kewajiban jangan sampai terbengkalai. Kan kasian juga kalo uda ketemu minat dan bakatnya tp tugas sekolahnya gak selesai

      Delete
  7. Kalau saya yang gak punya minat dalm hal apapun gimana caranya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minat = hal yang disukai/bikin tertarik
      Masa anda gak suka melakukan apa2?

      Delete
  8. Nice artikel

    Kunjungi blog-ku : http://www.kedanyang.tk/

    ReplyDelete
  9. best wishes from
    Antena Tv Bagus wajanbolic
    http://antenatv-rakitan.blogspot.com
    Batik Khas Bekasi
    Http://khasbatik.blogspot.com
    Brunei Share
    http://virtual-bruneidarussalam.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. Saya tertarik dgn teknik komputer
    Tapi d waktu sma saya kurang memahami tentang fisika matematika dan pelajaran menghitung lainya
    ole bakat tentang komputer blm tw
    Tapi klw minat sih ada
    Apa saya bisa ikut teknik komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada minat disitu pasti ada niat untuk berusaha. Sebelum masuk teknik komputer, cb cari tau dulu lebih dalam sama coba belajar sedikit tentang ilmu komputer. Kalo memang tertarik dan ada passion, lanjutin aja

      Delete
  11. Informasinya sangat bermanfaat. Saya kan suka menulis tapi kadang kesukaan itu juga hilang tapi kadang muncul kembali. Apa itu bisa disebut sebagai minat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa minat dan mungkin saja hobi, tapi belum tentu passion. Kalo hal tersebut ada passionnya, kemungkinan besar rasa kesukaan itu gak mungkin hilang

      Delete
  12. Saya setuju dengan argument mas agung, bahwa dengan menemukan bakat,minat dan passion kita. Akan lebih mudah mencapai tujuan hidup dengan gairah dan sukses! Dan jangan lupa doa. Terima kasih mas agung!

    ReplyDelete
  13. Aku bingung sama bakatku? Aku suka baca dan nulis, ky ada suatu gairah/ktertarikan trsendiri kalo udah pegang buku dan pena. tapi aku ngarasa gd klebihan apa2 disitu, tapi disisi lain aku nyaman, semangat dan gak putus asa buat nyoba dan nyoba utk buat sesuatu yg lebih. Pertanyaan nya apa bakat ku disitu? Lalu gmn caranya mendalaminya supaya kita yakin bisa buat sesuatu yg lebih dr sesuatu yg kita suka yg kita anggap itu bakat kita?

    ReplyDelete
  14. baru hadir,
    aku orgnya pinter ngmong, bnyak temen2 yg bilang kalo aku adalah motivator baginya. tapi pinter ngmongnya aku itu hnya individual bukan d halayak ramai spt seminar atau presentasi depan kelas. kira2 bakat ku apa ya?

    ReplyDelete
  15. suka menyendiri, passive, penakut - apa saya ada bakat ?

    menulis, mengetik suka, tapi jarang2 ngelakuin.
    menggambar, suka dan sering ngelakuin.
    mendesain web, suka dan hampir sering nglakuin.
    memimpin orang & ngajar.. suka tapi baru belajar ngelakuin ..

    tolong mas, bantu kasih saya advice utk long term -
    please via email ke saya: lukman611@yahoo.com

    saya akan sangat senang sekali ..

    ReplyDelete
  16. Kalo kita punya banyak minat tp cuma bentar2 ; anget2 tai ayam. Gimana?

    ReplyDelete
  17. *saya suka banget belajar bahasa..
    *saya juga sangat suka berbicara di khalayak umum..
    tapi saya gak punya karismatik (jadi takutnya kalau berbicara di depan umum, gak di dengar oleh audiens karena gak karismatik -_-)
    *paling suka jalan-jalan di area liar (misal seperti macam traveling)
    *lumayan juga suka sama anak2

    bakat, minat dan passion yg adneh dalam diri saya..

    ReplyDelete
  18. *saya suka banget bagi ilmu" layaknya mario teguh
    menurut psikolog saya termasuk orang yang berfikir
    kritis
    *saya suka menulis
    *saya suka dengan bisnis , apalagi so.al bisnis
    makanan
    *teman-teman saya bilang saya jago dalam memotret
    *dan saya jago mengatur jalan nya strategi apapun itu,
    minta pendapat dong kira-kira bakat saya apaan ?

    ReplyDelete
  19. kak gimana ngatasi klo kita sudah terlanjur berada di area yang itu bukan passion kita banget, dan saat ini baru ngrasa klo passion kita di bidang lain ?? haruskah berhenti dari area itu ? atau haruskah diselesaikan sampai akhir... minta saran dong kak..

    ReplyDelete
  20. Kaak, kalau punya 2 bakat dan minat yang hampir setara gimana? Kan kalau kuliah cuma bisa ngambil 1 jurusan biar fokus :" Hmm serius deh aku gak bisa konsisten buat milih salah satu ;-; ada saran?

    ReplyDelete
  21. punya minat di fotografi, tapi belum punya kemampuan dan keahlian bang..

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Kalau minat :multimedia(komputer)
    Pasion:otomotif
    Bakat:desain
    Gimana

    ReplyDelete
  24. entahlah gan,, ane bingung dengan diri ane sendiri..gagtau apa yang haruis ae lakuin untuk menemukan minat dan bakat yang ada dalam diri ane .. ane si hobinya tidur gan,, kalo passion ane buram gagada gambaran passion apapun dalam diri ane gan.. entah mau jadi apa kedepan.. kuliah juga uring2an ,, kayak ngambang gag jelas,, udah semester tua tapi belum bisa menemukan hal yang ane suka yang ane semangat melakukanya,, et dah gw malah curhat,, komplek banget gan apa ada pengaruh lain yang ,menyebabkan diri ane menemukan passiaon dan bakat ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ane juga gan sukanya cuman maen Game,tidur,males belajar karna gak tau mau ke mana arah hidup T_T

      Delete
    2. sama nih, udahh kuliah semester 7 tapi tetep gini2 juga :(

      Delete
  25. Saya suka main keyboard tapi gk tau apa bakat saya di seni atau bukan
    Saya suka pelajaran IPA tapi pelajaran Matematika sukanya hanya pas aljabar klw gk paa diagram venn gitu
    Terus bakat saya apa ya tolong bantu dong!

    ReplyDelete
  26. kurang komperhensip bro... tp ok lah...

    ReplyDelete
  27. Saya suka hal hal berbau entertaiment seni dan sosial. Tapi fisik dan materi saya kurang mendukung . Saya susah menemukan jati diri. Hidup saya ibarat saya dipaksa melangkah pada kondisi badan lelah ,menenteng 2 batu besar k3dua tangan saya kaki terantai ditiang dan dik3pala saya seperti ada bungkusan yang berisi batu besar serta kedua pundak saya yg digelayuti ratusan orang tapi saya tetap harus melangkah. Rasanya begitu sulit ���� saya sadar apa yang saya inginkan . Tapi saya mencoba mencari yang lain yg saya miliki yg tidak bertentangan dgn takdir hidup saya. Tapi sampai saat ini saya belum menemukan ������

    ReplyDelete
  28. Saya berminat dengan hal yg mengenai komputer..tetapi jurusan smk saya ambil pertanian...apakah bisa saya mengambil teknik computer untuk kuliah?

    ReplyDelete