11 Tips Move On dari Patah Hati


Masalah cinta memang sesuatu yang lumrah kita jumpai. Biasanya kalau ngomongin masalah cinta itu pasti ke galau dan patah hati, hahaha ya namanya juga masalah pasti yang gak enak semua. Tapi untuk posting kali ini gue mau ngebahas tentang bagaimana cara move on bagi teman-teman semua yang mungkin sedang mengalami patah hati karena cinta.

Ya walaupun pengalaman gue tentang cinta sangat minim sekali, tapi gue sudah survei langsung dari teman-teman gue yang sudah berpengalaman dan yang sudah menjadi korban berkali-kali. Jadi bagi teman-teman yang lagi galau patah hati gara-gara ditinggal doi, berikut tips-tipsnya untuk bisa move on dari doi:

Photo: instagram.com/adhyaxa

1. Luapkan Semua Emosi
Saat awal-awal patah hati, gak ada salahnya untuk meluapkan segala emosi yang ada. Hanya saja jangan sampai merusak atau merugikan orang lain ya. Salah satu cara meluapkan emosi saat patah hati yaitu dengan cara mendengar lagu-lagu galau sambil menangis hingga air mata mengering seperti gurun sahara.

2. Menenangkan Diri
Disaat anda sedang terluap emosi, ada baiknya ada pergi merenung di tempat yang sunyi untuk menenangkan diri. Jika anda sudah tenang, baru bisa lanjut ke langkah berikutnya.

3. Curhat
Kalau anda lagi patah hati, sebaiknya jangan dipendam-pendam, karena jika dipendam terus rasa sakit itu lama-lama bisa membusuk dan menjadi penyakit. Jadi ada baiknya uneg-uneg tersebut dikeluarkan dengan cara cuhat bersama orang tua, saudara atau teman-teman.

4. Berdamai dengan Masa Lalu
Mungkin masa lalu cinta anda gak berjalan dengan begitu baik, tapi bukan berarti anda harus terus menyesali hal tersebut. Terimalah dan berdamailah dengan masa lalu anda tersebut, karena dia sudah menjadi bagian dari hidupmu yang sudah berlalu.

5. Saatnya Mulai Melangkah Kedepan
Oke, emosi anda sudah terluapkan, diri anda sudah tenang, uneg-uneg anda sudah dikeluarkan dan anda sudah menerima masa lalu anda. Sekarang saatnya anda mulai melangkah kedepan dan berjanji untuk gak akan menoleh ke belakang lagi. Hal ini bisa dibantu dengan mendengarkan lagu-lagu yang bikin semangat.

6. Singkirkan Barang Kenangan dari Mantan (tapi jangan dibuang)
Untuk mempercepat proses move on, ada baiknya barang-barang yang mengingatkan kita kepada mantan disingkirkan jauh dari pandangan kita. Tapi jangan dibuang, karena kita harus juga menghargai pemberian orang. Jadi sebaiknya barang-barang tersebut ditaruh di dalam gudang dan dikunci dengan gembok 7 lapis.

7. Luangkan Waktu Bersama Keluarga dan Sahabat
Meluangkan waktu bersama keluarga dan sahabat juga akan membantu anda cepat pulih dari patah hati, dibandingkan anda sendirian. Kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga dan sahabat seperti hang out, explore, jalan-jalan dll.

8. Cari Kesibukan
Selain meluangkan waktu dengan keluarga dan sahabat, mencari kesibukan juga akan membantu anda cepat lupa dari sang mantan. Kesibukan yang bisa anda lakukan seperti ikut organisasi sekolah/kampus, menekuni hobi, olah raga dll.

9. Lebih Baik Galau terhadap Masa Depan daripada Masa Lalu
Buat apa memikirkan yang sudah terjadi? Yang sudah terjadi, terimalah dengan lapang dada dan biarlah berlalu menjadi bagian hidup kita. Juga, bukankah sebaiknya kita memikirkan kedepan daripada menoleh terus kebelakang?

10. Jangan Lupa Masih Banyak Orang di Luar Sana
Di dunia ini bukan cuman ada doi aja, masih banyak kok orang di luar sana yang lebih peduli dan mau mengerti kita. Jadi, buat apa khawatir?

11. Banyak Berdoa
Yang terakhir, jangan lupa untuk rajin-rajin berdoa, supaya diberikan jalan untuk move on, sehingga semua bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment