8 Tips Sehat Bagi yang Suka Begadang



Sebagai mahasiswa, begadang sudah menjadi suatu hal yang wajar dilakukan. Hal itu dikarenakan tugas dan kewajiban yang semakin bertambah. Selain itu begadang juga berarti sistem kerja otak yang berbeda. Berbeda maksudnya, terkadang ada otak yang lebih aktif bekerja di malam hari dibandingkan di pagi-siang hari, hal ini disebut sebagai Night Owl (selengkapnya tentang Night Owl bisa dibaca disini).

Tentu saja begadang merupakan kegiatan yang kurang sehat dan dapat membuat badan menjadi 3L (lemas, letih dan lesu), bahkan berat badan jadi gak beraturan. Maka dari itu, supaya tubuh anda bisa bertahan saat begadang, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan yaitu:


1. Banyak Makan Makanan (Terutama yang Sehat)
Begadang itu menguras tenaga dari tubuh, serta metabolisme tubuh jadi harus bekerja lebih, sehingga pembakaran lemak dan kalori juga bertambah. Jika tidak diimbangi dengan asupan makanan, maka tentu saja tubuh kita bisa lemas atau bahkan terkena penyakit. Untuk itu, jika anda harus begadang, jangan lupa untuk makan yang banyak sebelum begadang dan siapkan makanan atau cemilan untuk begadang nanti saat subuh.

2. Mendapat Sinar Matahari
Setelah menghabiskan seluruh tenaga semalaman, jangan lupa untuk mencari sinar matahari di pagi harinya sebelum jam 9. Karena dengan terkena sinar matahari selain membantu memulihkan organ tubuh, juga dapat memperbaiki suasana mood dan insomnia akibat setelah begadang.

3. Minum Air Putih
Selain sinar matahari, minum air putih juga perlu untuk menghilangkan dehidrasi dan menjaga keseimbangan cairan tubuh yang sudah digunakan selama begadang. Minum air putih yang baik itu minimal 8 kali sehari.

4. Minum Vitamin
Minum vitamin juga akan memperkuat daya tahan tubuh anda untuk berkegiatan setelah begadang.

5. Jaga Kehangatan Tubuh
Saat begadang, sangat penting untuk menjaga suhu tubuh anda untuk tetap hangat. Karena kalau begadang dengan suhu yang dingin, dapat menyebabkan anda terkena penyakit seperti masuk angin, demam, radang tenggorokan, flu dll.

6. Tidur Siang
Walaupun sudah makan yang banyak, minum vitamin, minum air putih dan berjemur di matahari, tubuh anda juga perlu waktu untuk isitrahat. Maka dari itu, manfaatkan waktu siang hari untuk tidur sekaligus melunasi hutang tidur gara-gara begadang.

7. Jangan Mandi Air Dingin Setelah Begadang
Sama seperti menjaga kehangatan tubuh, karena saat setelah begadang tubuh lagi tidak fit dan masih panas setelah bekerja ekstra, maka tidak dianjurkan untuk mandi dengan air dingin. Karena mandi dengan air dingin dapat membuat badan menjadi kedinginan dan penyempitan pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyakit stroke atau jantung.

8. Hindari rokok/alkohol
Terkadang begadang lebih nikmat jika ditemani dengan rokok atau alkohol. Tapi justru dengan mengkonsumsi rokok dan alkohol, organ tubuh anda (khususnya hati, ginjal dan paru-paru) akan menjadi lebih rentan terkenan gangguan penyakit kedepannya.



Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment