10 Jenis Posting/Artikel yang Paling Banyak Dicari di Internet


Di internet bertebaran berbagi jenis artikel. Sebagai blogger, menulis sebuah posting/artikel di blognya merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan agar blognya tetap hidup. Selain supaya blog tetap hidup, menulis artikel yang menarik juga penting agar jumlah pengunjung blog bisa bertambah. Hanya saja, masalahnya, posting/artikel seperti apakah yang dicari dan menarik bagi para pengunjung?

Menurut dari beberapa artikel yang gue baca dan dengan browsing keyword di Google, terdapat 10 jenis artikel yang paling banyak dicari dan dibaca di internet:


1. Apa Ini/Itu (What Is this)
Peringkat pertama diduduki oleh artikel jenis "apa ini/itu" atau what is this. Artikel ini merupakan artikel yang menjelaskan tentang definisi dari sesuatu, dan website yang merajai dari artikel jenis ini sudah pasti anda ketahui yaitu, Wikipedia.

2. Tutorial (How to)
Yang kedua adalah artikel tentang melakukan sesuatu dengan langkah-langkah (how to) atau tutorial. Banyak pengguna internet sering mencari solusi dari masalah-masalah yang mereka miliki dengan cara mencari tutorialnya di internet. Jadi kembali ke penulis untuk membuat tutorial apa yang banyak dicari di internet.

3. Tips dan trik
Hampir sama dengan tutorial, hanya saja tips dan trik ini menjelaskan lebih singkat tentang melakukan sesuatu tanpa langkah demi langkah (step by step). Selain menjelaskan tentang melakukan sesuatu, tips dan trik biasanya juga menjelaskan tentang cara unik atau praktis dalam melakukan sesuatu.

4. Daftar (Bucket list)
Artikel jenis ini merupakan jenis artikel yang biasanya berisikan daftar nomor di postingnya, seperti contohnya yaitu postingan yang gue tulis ini.

5. Fakta, Mitos atau Info Unik
Di urutan berikutnya adalah artikel yang menjelaskan tentang sebuah fakta, mitos atau info unik. Informasi tersebut bisa berupa fakta unik dari sebuah hasil penelitian atau sebuah mitos terkenal yang diulas kembali oleh penulis menurut sudut pandangnya.

6. Gratis (Free)
Berikutnya adalah artikel gratis. Maksudnya? Jadi di Google, keyword gratis (free) merupakan salah satu keyword terbanyak yang dicari para netizen. Maka dari itu, artikel yang judulnya atau kontennya berisikan tentang download gratis, ebook gratis, game gratis dll  sudah pasti akan kebanjiran pengunjung.

7. Berita (News Update)
Netizen sudah pasti akan menggunakan internet untuk mencari informasi khususnya berita di sekitar mereka. Hanya saja artikel jenis berita ini hanya bertahan sementara dimana saat berita tersebut masih hot!

8. Hiburan (Entertainment)
Disaat jenuh, tentu saja orang-orang akan mencari hiburan untuk menghilangkan stressnya, dan internet merupakan salah satu solusinya. Internet menyediakan berbagai macam hiburan, salah satunya postingan hiburan. Posting/artikel hiburan itu berupa lelucon/lawakan, cerpen atau gambar komik singkat.

9. Aneh (Odd)
Selanjutnya yaitu artikel yang "aneh". Maksud dari aneh itu adalah berita yang jarang ditemui secara umum, seperti contohnya "Seorang Jomblo Mendapat Lebih dari 100 Lamaran Setelah Menggunakan Aplikasi Dating" atau "Tukang Loak Mendadak Kaya Raya Setelah Menjual Sebuah Sofa" dsb.

10. Yang Penting Bermanfaat
Yang terakhir, yang penting artikel/posting yang ditulis itu bermanfaat bagi pembaca. Walaupun terdapat berbagai jenis artikel, sebuah artikel harus memiliki manfaat bagi pembacanya yang membaca.






Artikel Lainnya:

1 comment: