Pelajaran Hidup yang Bisa Didapat Dari Film Animasi Disney/Pixar


Tidak jarang kita jumpai berbagai macam film, khususnya film animasi yang ada di TV atau di layar lebar. Semua film yang ada memiliki sebuah nilai hidup, hanya saja ada beberapa film yang memiliki pesan moral atau kisah hidup yang mendalam. Mungkin gue bilang mendalam karena ceritanya yang bagus dan didukung dengan animasi yang canggih, jadi pesan yang disampaikan oleh film tersebut bukan hanya dapat dimengerti, tapi dapat dinikmati dan melekat terus dalam waktu yang lama.

Film-film animasi di posting ini merupakan film yang sudah pernah gue tonton dan dibuat oleh Walt Disney Picture dan PIXAR Animation Studio. Gue yakin anda pasti mengenal film-film ini. Jadi gue akan menuliskan pesan moral atau pesan hidup menurut pandangan gue secara singkat dari film-film animasi berikut:



Bug's Life (1998)

Tidak peduli seberapa kecil kita, dengan bekerja sama hal yang besar pun bisa digapai.



Monster, Inc. (2001)

Hal-hal yang dilihat sekilas, belum tentu sesuai apa yang dikira. Jangan menilai seseorang tanpa mengetahui latar belakangnya.



Finding Nemo (2003)

Tidak ada samudra yang tidak bisa diarungi demi orang yang kita cintai, dan walaupun dalam keadaan susah, kita harus tetap terus berjalan. 
"Just keep swimming"



The Incredibles (2004)

Hargai dan cintai keluarga kita.



Cars (2006)

Hidup itu seperti jalan raya, dia akan membawa kita ke berbagai tempat, jadi nikmati perjalanannya dan syukuri apa yang ditemukan. Selain itu, hidup ini bukan hanya tentang mencapai garis finish. 
"Life is a highway"



Meet The Robinsons (2007)
Based on A Day with Wilbur Robinson - Children's Book (1990)

Kegagalan merupakan hal yang lumrah dalam hidup, dan jangan menyerah, tetaplah berjalan ke depan. 
"Keep moving forward



Ratatouille (2007)

Tidak ada impian yang mustahil, karena yang menentukan adalah apa yang kita lakukan, bukan siapa kita.



Wall-E (2008)

Tidak ada hal yang lebih indah dari cinta yang kita miliki untuk seseorang, serta jagalah bumi kita.



Up (2009)

Hidup adalah sebuah petualangan, dan petualangan tidak mengenal usia. Serta, cinta dan mimpi merupakan sesuatu yang kekal.



Toy Story 1, 2, 3 (1995 - 2010)

Teman datang dari berbagai macam tempat, tapi teman sejati akan bertahan selamanya. Dan tidak ada yang abadi, terkadang kita harus belajar melepaskan dan menerima kenyataan.



Wreck-It Ralph (2012)

Terkadang kita merasa hidup orang lain lebih baik dari kita padahal belum tentu. Serta, apa yang kita inginkan belum tentu baik untuk orang lain, dan terakhir, belajarlah dari kekalahan untuk menang. 



Brave (2012)

Kita sendirilah yang menentukan takdir (fate), jika kita cukup berani.



Frozen (2013)
Based on The Snow Queen - Fairy Tale (1844)

Jadilah diri sendiri dan jangan meminta maaf karena hal tersebut. Serta, apapun yang sudah terjadi, pilihan yang sudah dipilih, penderitaan yang sudah berlalu, jangan terus disesali, lepaskanlah! 
(Let it go!)



Big Hero 6 (2014)

Pahlawan dilihat dari apa yang dia korbankan dan bisa memaafkan. Sedangkan dendam hanya akan membuat hal menjadi lebih buruk dan dendam hanya akan membuat kita menjadi seperti musuh kita. 



Inside Out (2015)

Semua emosi memiliki perannya masing-masing, dan kesenangan tidak bisa dipaksakan. Serta dalam proses menuju dewasa, beberapa kenangan harus dilepaskan.



The Good Dinosaur (2015)

Untuk mengetahui kehebatan kita, kita harus kalahkan rasa takut kita terlebih dahulu.



Zootopia (2016)

Kita bisa menjadi apapun yang kita inginkan dengan berusaha, bagaimanapun asal muasal dan latar belakang kita.



Finding Dory (2016)

Otak mungkin bisa lupa, tapi hati tidak akan pernah lupa.


akan diupdate



Demikian pesan moral atau pelajaran hidup yang gue dapatkan dari film-film ini, bagaimanakah dengan anda? Apakah ada pelajaran hidup lain yang anda dapatkan dari film-film tersebut? Atau ada film lain yang belum termasuk daftar? Silahkan dikomentar.





Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment