7 Smartphone Mini/Compact dengan Ukuran Layar 5 Inci Kebawah Terbaik (Menurut Gue)


Dari tahun ke tahun smartphone semakin bertambah canggih. Bertambah canggih berarti bertambah besar pula ukurannya. Tapi gak semua orang menyukai smartphone berukuran besar, karena tangan setiap orang belum tentu bisa menjangkau penggunaan one hand pada smartphone ukuran layar yang besar.

Maka dari itu, vendor-vendor pembuat smartphone tidak menghilangkan smartphone berukuran kecil (mini) atau compact. Ukuran kecil yang dimaksud saat ini yaitu smartphone dengan ukuran layar 5 inci kebawah. Gue selama ini udah mengecek beberapa keberadaan smartphone compact yang ada di pasaran.

Dari situ gue mendapatkan beberapa smartphone ukuran 5 inci kebawah terbaik. Terbaik maksud gue ini, walaupun ukurannya yang kecil tapi spesifikasinya bisa menyaingi smartphone flagship. Hanya saja, pada list ini gue gak melihat harga dari smartphone tersebut. Kemungkinan harga smartphone yang ukurannya mini/compact ini bisa sama mahalnya atau mungkin lebih dengan harga smartphone flagship biasanya. Daripada penasaran, berikut smartphone mini/compact terbaik saat ini:


1. Google Pixel


Ini merupakan smartphone android yang dibuat oleh Google melalui vendor HTC dengan ukuran layar 5 inci. Memiliki spek yang sangat tinggi untuk smartphone saat ini, Google Pixel  juga dijuluki sebagai smartphone dengan kamera terbaik tahun 2016.


2. iPhone 7


Smartphone keluaran terbaru dari Apple dengan ukuran layar 4.7 inci ini megandrongi chip terbaru yaitu A10 Fusion yang memberikan peforma dan daya baterai yang jauh lebih baik dari iPhone sebelumnya. Dilengkapi sertifikasi IP67, iPhone 7 ini dapat bertahan di segala kondisi. Hanya saja... gak ada headphone jack.


3. iPhone 6S


Merupakan adik dari iPhone 7. Dengan ukuran layar yang sama dengan iPhone 7, iPhone 6S memiliki spek yang gak begitu jauh ketinggalan. Digandrongi dengan chip A9, smartphone ini masih memiliki peforma yang baik. Setidaknya masih ada headphone jacknya.


4. iPhone SE (Special Edition)



Salah satu iPhone yang unik menurut gue. Bodinya seperti iPhone 5S dengan layar 4 inci, tapi spesifikasi yang sama seperti iPhone 6S. Hanya saja, ada fitur iPhone 6S yang gak ada di iPhone SE seperti 3D Touch dan kamera depan yang masih sama seperti iPhone 6. Tapi, ini merupakan iPhone ukuran terkecil dengan spek yang cukup dashyat!


5. Sony Xperia X Compact


Sony Xperia menurut gue, merupakan satu-satunya vendor yang memproduksi smartphone Android dengan layar 4.6 inci dengan spesifikasi flagship. Sony Xperia X Compact merupakan smartphone compact keluaran terbaru dari Sony yang memiliki spesifikasi yang sama dengan Sony Xperia X. Perbedaannya hanya ukurannya yang jauh lebih kecil. Selain itu, walaupun gak diresmikan memiliki sertifikasi IP68 seperti generasi sebelumnya, tetapi kenyataannya Sony Xperia X Compact ini justru masih mampu bertahan jika terkena air.


6. Sony Xperia Z5 Compact


Sony Xperia Z5 Compact merupakan generasi sebelum Sony Xperia X Compact. Memiliki fitur yang sama dengan Sony Xperia Z5 dan ditambah dengan sertifikasi IP68, smartphone ini dijuluki sebagai smartphone compact terbaik tahun 2015. Baca review lebih lengkapnya disini.


7. Samsung Galaxy A3 (2017)


Samsung terkenal dengan smartphone yang memiliki spesifikasi dashyat dengan ukuran layar yang besar. Tapi di tahun 2017 ini, Samsung mengeluarkan Samsung Galaxy A3 (2017) dengan ukuran 4.5 inci. Memiliki spesifikasi yang lumayan tinggi serta dengan sertifikasi IP68, smartphone mini dari Samsung ini gak bisa diremehkan begitu saja.




Artikel Lainnya:

1 comment: